Forikan Kabupaten Limapuluh Kota Dikukuhkan

0
30

LIMAPULUH KOTA, dekadepos.com-
Dalam rangka mendoring masyarakat gemar mengkonsumsi ikan secara teratur, Pemerintah Kabupaten Limapuluh Kota mengkukuhkan pengurus Forum Peningkatan Komsumsi Ikan (Forikan) Kabupaten setempat, di aula kantor Bupati lama, Rabu (15/3).
Pengukuhan itu dilakukan Bupati Irfendi Arbi kepada Ketua Umum Forikan Limapuluh Kota, Ny Monalisa Irfendi Arbi, wakil ketua I, Ny Eka Ferizal Ridwan dan wakil ketua II, Ny Eva Yendri Tomas. Usai pelantikan ketua Kabupaten, pada kesempatan itu Ny Monalisa Irfendi Arbi juga melantik ketua Forikan Kecamatan, pengurus dan anggota Forikan se Kabupaten Limapuluh Kota.

Ikut hadir, Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi Sumbar, Yosmeri Kepala Dinas Perikanan Limapuluh Kota, Refilza Kepala Dinas Pendidikan, Radimas, pihak Kecamatan serta undangan lainnya.

Bupati Irfendi Arbi dalam paparanya mengatakan, dengan dilantiknya pengurus Forikan di Kabupaten Limapuluh Kota diharapkan mampu mewujudkan program pemerintah dalam mengajak masyarakat gemar mengkonsumsi ikan.

“ Seperti kita ketahui, ikan memiliki nilai protein dan gizi yang sangat tinggi, ditambah dengan omega 3 yang berfungsi mencerdaskan otak. Untuk itu, dengan gemarnya masyarakat Limapuluh Kota mengkomsumsi ikan ini, nantinya akan melahirkan generasi bangsa yang sehat dan cerdas” ujar Bupati yang dibacakan Asisiten II Bidang Perekonomian, M Yunus dalam pidatonya.

Sementara itu, Monalisa selaku ketua umum Forikan Kabupaten Limapuluh mengharapkan pengurus Forikan kecamatan yang baru saja dukukuhkan diminta gencar mengkampanyekan ke tengah masyarakat untuk gemar mengkomsumsi ikan.
“ Mudah-mudahan dengan adanya pengurus Forikan di setiap Kecamatan, Konsumsi ikan ditengah masyarakat semakin meningkat. Untuk mensukseskan kegiatan itu salah satunya dengan mengkampanyekan gerakan gemar memakan ikan” ujar Monalisa.

Sementara itu, kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi Sumbar, Yosmeri menuturkan dengan hadirnya Forikan di Kabupaten Limapuluh Kota akan membuka dan memberikan pengetahuan, akhirnya mampu merobah pola pikir dan prilaku masyarakat untuk mengkonsumsi ikan.

Menurutnya, ini merupakan gerakan moral yang memotifasi masyarakat untuk mengkonsumsi ikan secar teratur dalam jumlah yang diisyaratkan bagi kesehatan. “ Ini merupakan program Nasional dalam sebuah gerakan moral yang memotivasi masyarakat untuk mengkonsumsi ikan secara teratur. Untuk itu, diharapkan seluruh anggota Forikan ini nantinya mengajak masyarakat untuk mengetahui tingginya kandungan gizi yang terdapat dalam daging ikan” ungkapnya.(esa tegar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here