Gara-gara Berebut Lahan Parkir di Fly Over Kelok 9, Dua Warga Bentrok

0
3171
Wakapolres Limapuluh Kota Kompol Eridal, SH, memediasi perkelahian yang melibatkan warga Ulu Aia, Aia Putiah dan Lubuak Bangku di Mapolres Limapuluh Kota

LIMAPULUH KOTA, dekadepos.com-

Puluhan warga Ulu Aia, Aia Putiah dan Lubuak Bangku, Kecamatan Harau, Kabupaten Limapuluh Kota, yang terlibat perkelahian akibat perebutan lahan parkir di areal Fly Over Kelok 9, Rabu sore (11/10) sekira pukul 17.00 WIB, berhasil didamaikan secara kekeluargaan oleh ninik mamak kedua Nagari yang difasilitasi oleh Polres Limapuluh Kota.

Kapolres Limapuluh Kota, AKBP Haris Hadis yang dihubungi, Kamis (12/10) melalui Kapolsek Harau, AKP JL Toruan, membenarkan adanya peristiwa cakak banyak melibatkan puluhan warga kedua nagari itu.

“Benar, Rabu sore sekitar pukul 16.00 WIB bertempat di Flay Over Kelok 9, tak jauh dari pos polisi telah terjadi perkelahian antara Roma warga Lubuak Bangku dengan Edo warga Ulu Aia, karena perebutan lahan parkir di areal Fly Over Kelok 9,” sebut Kapolsek Harau, AKP JL Toruan.

Perkelahian kedua warga itu berbuntut panjang, setelah tokoh masyarakat Lubuk Bangku, Dasmon, Dt. Bosa satu jam kemudian datang ke tempat terjadi peristiwa dengan maksud untuk mendamaikan kasus perkelahian tersebut.

Namun, ketika akan dilakukan musyawarah untuk menyelesaikan kasus perkelahian itu, Roma membawa serta pemuda Jorong Aia Putiah, sehingga membuat situasi menjadi panas dan akhirnya terjadilah saling serang antara kedua kelompok.

Namun perkelahian kedua kelompok masyarakat tersebut, ulas Kapolsek Harau, AKP JL Toruan, telah berhasil diatasi oleh tokoh masyarakat dan ninik mamak kedua nagari di Mapolres Limapuluh Kota.

Kapolsek Harau, AKP JL Toruan mengakui, meskipun bentrok kedua kelompok warga itu melibatkan puluhan orang, namun insiden itu tidak menimbulkan korban cukup parah, karena perkelahian kedua kelompok itu hanya memakai tangan kosong.

“ Perkelahian antara kedua kelompok itu memang ada warga yang menderita luka-luka, namun lukanya tidak parah dan dibawa berobat ke Puskesmas terdekat,” ujar Kapolsek Harau, AKP JL Toruan.

AKP JL Toruan mengungkapkan, selama ini tidak ada permasalahan terkait pengelolaan lahan parkir dan tempat berdagang antara warga Jorong Aia Putiah, Ulu Aia dan Lubuak Bangku, karena pengelolaan dilakukan secara bergiliran.

“ Namun bekalangan terjadi gejolak terkait pengelolaan lahan parkir dan tempat berjualan di lokasi tersebut, karena warga Jorong  Aia Putih mengklaim bahwasanya batas Jorong Aia Putih  berada di Labuah Gabuang (diatas Kelok 9). Sedangkan Hulu air mengklaim bahwasanya batas wilayah berada sebelum Kelok 9 (jembatan ke 2 dari Sarilamak),” ungkap Kapolsek Harau, AKP JL Toruan.

Namun,  bertempat di Mapolres Limapuluh Kota telah dilakukan upaya mediasi pasca perkelahian antara Roma dengan Edo. Mediasi tersebut dipimpin langsung oleh Wakapolres Limapuluh  Kota Kompol Eridal, SH didampingi oleh Kasat IK, Kasat Binmas dan KBO Reskrim Kapolsek Harau, Danramil Harau , serta Sekcam Harau dan diikuti oleh Walinagari Hulu Air, Wali Jorong Aia Putih, ninik mamak serta tokoh pemuda masing-masing kelompok.

Pada pertemuan tersebut didapati kesepakatan yaitu, permasalah tapal batas akan dimediasi oleh pemerintahan Kecamatan Harau melalui rapat adat (KAN) yang melibatkan Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa (BPMD) Kabupaten Limapuluh Kota.

Kemudian pengobatan atas korban pertikaian tersebut akan ditanggung oleh ninik mamak masing-masing, dan pasca kejadian tersebut masing-masing pihak akan menahan diri dan tidak akan melakukan perbuatan melawan hukum. Perdamaian itu diakhiri dengan penandatanganan surat pernyataan dan salam-salaman antar warga.

Kapolres Limapuluh Kota, AKBP Haris Hadis menghimbau kedua warga untuk menjaga ketertiban dan tidak membuat masalah yang dapat menganggu keamanan.

“ Saya minta kepada warga tidak ada yang menguasai dan berkuasa untuk satu wilayah. Ini negara hukum, makanya saya minta patuhi hukum dan jangan membuat kegaduhan yang mengancam keterbitan,” pungkas AKBP Haris Hadis. (est)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here