Gas 3Kg Langka, Warga “ Tapakiak “

0
67
Niken Ferinda (25) seorang ibu rumah tangga warga Kelurahan Koto Baru Kecamatan Payakumbuh Timur.

Payakumbuh, Dekadepos.com

Hingga saat ini, Gas Elpiji Bersubsidi 3Kg di sejumlah Kelurahan di Payakumbuh masih sulit didapatkan, kelangkaan tersebut sudah terjadi sejak Idul Adha lalu, akibatnya banyak warga di Payakumbuh “ Tapakiak” karena sulit untuk mendapatkan Gas ukuran terkecil tersebut. Dari pengakuan sejumlah warga, jikapun tersedia, dalam hitungan jam gas tersebut sudah habis dibeli oleh warga. Selain sulit didapatkan, harga jual dimasyarakatpun mengalami peningkatan dibandingkan hari-hari sebelumnya dan melebihi harga di atas Harga Eceran Tertinggi (HET).

Dari pengakuan sejumlah warga Payakumbuh, harga gas elpiji bersubsidi 3Kg dijual diatas HET oleh warung dan kios pengecer di Payakumbuh, harga gas bersubsidi dijual berkisar mulai dari Rp.22.000 hingga Rp.25.000.

Niken Ferinda (25) seorang ibu rumah tangga warga Kelurahan Koto Baru Kecamatan Payakumbuh Timur mengatakan, gas elpiji bersubsidi 3kg sulit didapatkan dikedai-kedai, jikapun ada, dalam sekejap sudah habis terjual. Jika biasanya, dalam dua hari terjadi kelanggkaan, dihari ketiga sudah ada, namun belakangan kelangkaan terjadi hinga seminggu lebih.

“ Kelangkaan Gas ukuran 3Kg terjadi sejak Idul Adha lalu, harga beli terakhir mencapai Rp. 22 ribu, kalaupun ada, dalam waktu sekejap sudah ludes terjual, sehingga kita sulit mendapatkan gas tersebut. Yang tersedia hanya gas ukuran 12 Kg”. sebut Niken.

Ia berharap, Pemerintah segera bertindak mengatasi kelangkaan Gas ukuran 3 Kg, termasuk melakukan penertiban jika ada Pangkalan dan Agen nakal jika terjadi penyalahgunaan atas gas 3kg tersebut.

Senada dengan Niken, hal yang sama juga dikeluhkan oleh Ibu Rumah Tangga (IRT) lainnya, Menurut Yet (35) kelangkaan Gas 3 Kg memang terjadi, namun perlahan sudah mulai tersedia kembali, meski agak sulit mendapatkannya. “ Memang beberapa waktu lalu sempat terjadi kelangkaan. Meski sudah berangsur tersedia, namun diwaktu tertentu sulit juga mencari gas isi 3 Kg”. ucapnya. (Est)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here