Gelar Buka Bersama Koni Payakumbuh, Ketum Koni Sumbar : ASN dan Pejabat Publik Tak Boleh Ada Di Kepengurusan

0
12

Payakumbuh, Dekadepos.com

Ketua Umum (Ketum) Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Propinsi Sumatera Barat, Syaiful mengatakan bahwa sesuai dengan Undang-undang dan Aturan di Kementrian Dalam negeri (Kemendagri), Pejabat Publik Aparatur Sipil Negara/ASN (dulu PNS.red) tak boleh lagi masuk dalam Kepengurusan Koni di tingkat Propinsi, Kabupaten atau Kota.

Sebelumnya, Koni Sumbar telah menerima Surat Edaran Menteri Dalam Negeri (Mendagri) yang ditujukan kepada seluruh gubernur, bupati/wali kota se-Indonesia terkait larangan perangkapan jabatan pada kepengurusan KONI. “Kami telah menerima surat langsung dari gubernur disertakan lampiran surat dari Mendagri dari tanggal 31 Maret 2016, saat ini masih dalam proses persiapan di tingkat pengurus Ketua Umum KONI Sumbar,” kata Wakil Ketua I KONI Sumbar (kini Jadi Ketum Koni.red) Syaiful seperti di kutip dari www.antarasumbar.com. Ia menambahkan, gambaran dari tindak lanjut seperti yang tertuang pada surat edaraan tersebut yakni baik pejabat struktural, publik, fungsional, dan PNS tidak diperbolehkan menjabat kepengurusan KONI.

“ Untuk Koni Kabupaten/Kota yang ada di Sumbar telah menindaklanjuti SE Mendagri tersebut, dengan tidak adanya lagi ASN, pejabat Publik yang masuk dalam kepengurusan Koni”. Ucap Syaiful, saat mengikuti undangan buka bersama yang digelar oleh Koni Payakumbuh di salah satu restroran di Kawasan Koto Nan IV Payakumbuh baru-baru ini.

Ia juga menambahkan, Proses Pemilihan Ketua Umum KONI Kota Payakumbuh 2017-2021 telah berlangsung baik dan demokratis. Ia juga menyebutkan dalam arahannya, agar KONI Payakumbuh mematuhi aturan yang ada. Jangan sampai ada ASN yang terlibat di tubuh KONI. Ini harus benar-benar dilaksanakan sebab terkait dengan regulasi dan aturan.

Sementara, Ketua Umum KONI Payakumbuh yang terpilih lewat Musorkotlub lalu, Yusra Maiza mengaku bahagia dengan kehadiran Pengurus 35 Cabang Olahraga di Payakumbuh. Kehadiran para pengurus ini menandakan kekompakan di KONI Payakumbuh ke depan yang akan berat bertugas selaku pembina cabang olahraga. “Kita akan gelar segera Rapat Kerja KONI Payakumbuh untuk membuat Renstra 4 tahun ke depan. Kita inginkan agar ke depan KONI Payakumbuh akan memiliki panduan kerja yang pasti di setiap bidangnya. Sehingga, tidak lagi ada kinerja yang terlewat,” ujar Yusra Maiza.

Dalam buka bersama tersebut juga hadir para petinggi, pembina, pengurus, penggiat, sampai para jurnalis olahraga di Payakumbuh. Dari KONI Sumbar, juga hadir beberapa pengurus dan Sekretariat. (Esha Tegar).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here