Gelar Rakernis, Panwaslih Ingatkan Jajaran Pahami Aturan

0
11

Payakumbuh. Dekadepo.com

Ketua Panwaslih Payakumbuh, Suci Wildanis meminta setiap anggota Pengawas Pemilu Lapangan (PPL)yang ada disetiap Kelurahan dan Panwas Kecamatan ((Panwascam) yang ada di Lima Kelurahan untuk memahami aturan pengawasan Logistik (Distribusi) serta aturan dalam pemungutan dan penghitungan, sehingga setiap tahapan bisa terawasi dengan baik dan tidak  terjadinya kesalahan.

Sampai saat Logistik sampai di tiap Tempat Pemungutan Suara (TPS) juga harus diawasi secara ekstra, sehingga Kedepan TPS yang biasanya rawan, tidak terjadi lagi. Hal tersebut diungkapkan Suci saat memberikan Materi kepada puluhan anggota PPL dan Panwascam yang mengikuti Rapat Kerja Tekhnis (Rakernis) Pengawasan Logistik di Bakinco Resto Kelurahan Koto Tangah Kecamatan Payakumbuh Barat.

 

Dengan Rakernis yang digelar selama dua hari itu (Kamis, Jumat. Red) Panwas berharap kedepannya segala sesuatu yang meragukan bisa segera dikoordinasikan, sehingga tidak ditemukan lagi adanya kesalahan dalam pengawasan setiap tahapan Pilkada.

” Berkaca pada Pilgub lalu, Kedepan kita tidak ingin adanya kesalahan lagi. Sehingga fungsi pengawasan betul-betul terlaksana. Sebab pada Pilgub lalu, surat suara yang dipisahkan untuk tidak diturunkan, ternyata malah diturunkan. Kita harap, kesalahan-kesalahan tidak terjadi lagi nantinya”. Beber Suci.

Senada dengan Suci, dua anggota Panwaslij, Media Febriana dan Ismail Hamzah, yang juga memberikan Materi dalam kegiatan tersebut mengatakan bahwa pasca penyortiran dan pelipatan surat suara proses pengawasan harus terus dilakukan sampai Logistik sampai di TPS. ” Pengawas (PPL dan Panwascam) harus mengawasi langsung/melekat setiap proses Logistik, baik penyortiran dan Lipat serta distribusi logistik sampai ke Tiap TPS, termasuk pasca pemungutan dan penghitungan suara hasil pilkada “. Sebutnya.

32

Media Febrina, juga menambahkan, sebelumnya jajaran Panwaslih telah melakukan pengawasan melekat terhadap proses sortir dan Lipat Surat yang berlangsung 23-26 Januari lalu. Ia juga berpesan agar PPL dan Panwaslih menjaga integritas. Selain dari Panwaslih Kota Payakumbuh, Narasumber dari Bawaslu Propinsi Sumbar dijadwaln juga akan ikut memberikan materi. (Esha Tegar).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here