Gelar Tablig Akbar, Persatuan Tarbiyah Ajak Jaga Persatuan Dan Kesatuan

0
52

Payakumbuh, Dekadepos.com

Di Halaman Masjid At Muttaqie, Kel. Tanjung Pauh, Kec. Payakumbuh Selatan, Kota Payakumbuh, Forum Peduli Masyarakat Sumbar (FPMS) bekerjasamma dengan Persatuan Tarbiyah dan MUI Kota Payakumbuh mengadakan acara Tabligh Akbar mengusung tema “Persatuan dan Kesatuan Menurut Ajaran Islam”.

Hadir dalam acara itu Walikota Payakumbuh (Riza Falepi) serta sekitar 300 orang jemaah, dengan penceramah Buya H. Erman Ali , M. M.Pd (Ketua Tarbiyah Kota Payakumbuh; Ketua Bidang Pendidikan MUI Kota Payakumbuh); Adrianto , S. Pdi (Pengurus MUI Kota Payakumbuh) dan Drs. H. Akhrizal Datuk Mulie (Mubaligh Sumatera Barat).
Riza mengucakkan terima kasih kepada Forum Peduli Masyarakat Sumbar yang telah mengadakan acara itu dan juga kepada Masyarakat Payakumbuh yang telah berpartisipasi menyukseskan Pilkada sehingga Pilkada barjalan dengan lancar, aman dan sukses. Sementara, Drs. H. Erman Ali (Ketua Persatuan Tarbiyah Kota Payakumbuh, Ketua Bidang Pendidikan MUI Payakumbuh) dalam ceramahnya mengangkat tea “Meniti Jalan Hidayah Menuju Hidup Bermakna”; Adrianto, S.Pi (Pengurus MUI Kota Payakumbuh) bertema “Membiasakan Hidup Yang Lebih Bermakna”.
1

2

Drs. H. Akhrizal Datuk Mulie (Mubaligh Sumatera Barat) dalam ceramahnya “Persatuan dan Kesatuan Menurut Islam”, mengatakan diantara prinsip-prinsip yang diajarkan oleh Al Qur’an untuk mewujudkan persatuan dan kesatuan Bangsa adalah prinsip persamaan, persatuan dan tolong menolong. Al Qur’an menggambarkan persatuan dari berbagai sisi, kecenderungan untuk bersatu merupakan bagian yang tidak dapat dipisahkan dari eksistensi manusia. Sejak umat pertama tercipta dan menghuni dunia, saat itu pula keinginan untuk bersatu telah muncul.

“Dalam Qur’an Surat Al Baqarah, dijelaskan bahwa manusia adalah umat yang satu, setelah timbul perselisihan maka Allah mengutus para nabi sebagai pemberi peringatan dan Allah menurunkan bersama mereka Kitab yang benar untuk memberi petunjuk diantara manusia tentang perkara yang mereka perselisihkan’ katanya. (Esha Tegar).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here