GEMPA 6,2 SR GUNCANG MENTAWAI, WASPADA GEMPA SUSULAN

0
236

Mentawai,dekadepos.com

Gempa kembali terjadi di Kepulauan mentawai, Provinsi Sumbar. Kekuatan gempa terasa sangan kuat hinga ke Kabupaten Limapuluh Kota.

Seorang warga setempat, Ega (27), Jumat (1/9) dini hari mengaku terkejut ketika merasa guncangan cukup kuat saat sedang tidur.

“Guncangannya tak lama, tapi cukup terasa. Saya sempat terkejut, namun ketika tahu itu gempa saya kembali tenang,” ujarnya.

Begiti juga dengan kondisi sekitar rumahnya, sejumlah warga bahkan berhamburan keluar rumah, mengantispasi jika ada sesuatu yang membahayakan.

“Kita cukup kaget dengan guncangan gempa tadi,” ujar warga lainnya.

Menurut laporan BMKG, telah terjadi gempa bumi dengan kekuatan 6.2 SR, 82 km Timur, Laut di Kepulauan Mentawai, Provinsi Sumbaf. Waktu gempa, Jumat(9/1) pukul 00:06:54 WIB, Gempa ini tidak berpotensi tsunami.

Waspada Gempa

BMKG Merilis bebarapa tips jika terjadi gempa, jika Anda berada di dalam bangunan keluarlah dari bangunan tersebut dengan tertib.

Jangan menggunakan tangga berjalan atau lift, gunakan tangga biasa, periksa apa ada yang terluka, lakukan P3K. Telepon atau mintalah pertolongan apabila terjadi luka parah pada Anda atau sekitar Anda, periksa apabila terjadi kebakaran.

Periksa apabila terjadi kebocoran gas, periksa apabila terjadi arus pendek,
periksa aliran dan pipa air, periksa segala hal yang dapat membahayakan (mematikan listrik, tidak menyalakan api dll). Jangan masuk ke dalam bangunan yang sudah rusak terkena gempa, karena kemungkinan sewaktu-waktu dapat runtuh akibat gempa susulan.

Jangan mendekati bangunan yang sudah rusak terkena gempa, karena kemungkinan sewaktu-waktu dapat runtuh akibat gempa susulan.

Menyimak informasi mengenai gempa susulan dari media cetak maupun media elektronik.

Mengisi angket yang diberikan oleh instansi terkait untuk mengetahui seberapa besar kerusakan yang terjadi(rd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here