H.ZUL EVI ASTAR DATUAK ASA BATUAH: Anak Bako Rang Simalanggang itu, Digadang-gadang Bakal Mulus Melenggang ke Parlemen

0
195

LIMAPULUH KOTA, dekadepos.com-

Siapa tak kenal H. Zul Evi Astar Datuak Asa Batuah? Putra tercinta almarhum H.Syofyan Jamil tokoh birokrat berasal dari Nagari Simalanggang, Kecamatan Payakumbuh, Kabupaten Limapuluh Kota itu, tengah digadang-gadang akan mulus melenggang ke kursi parlemen Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD-RI) Pemilu 2019 mendatang.

Lantas, siapa H. Zul Evi Astar Datuak Asa Batuah? Kemudian, seberapa penting anak seorang guru bernama Sawiyah (almarhumah) berasal dari Jorong Limo Kampuang (Taluak) Nagari Kamang Hilia, Kecamatan Magek, Kabupaten Agam itu, diperjuangkan untuk duduk menjadi senator di parlemen DPD RI pada Pemilu serentak yang bakal digelar 2019 mendatang?

Rasanya, bagi warga Luak Limopuluah (Kota Payakumbuh dan Kabupaten Limapuluh Kota,red) belum banyak yang lupa dengan sosok H. Zul Evi Astar Datuak Asa Batuah. Pasalnya, dia pernah beberapa tahun bertugas sebagai Kepala Cabang Dispenda Sumbar di Kota Payambuh atau populer dengan sebutan Kepala Samsat Kota Payakumbuh.

Selama menjabat sebagai Kepala Samsat di Kota Payakumbuh, suami tercinta Silvya Mizanti, putri tertua dari Drs. H. Mizwar seorang politisi kawakan dan tokoh pendidik Sumatera Barat itu, bergaul luas dengan banyak kalangan di kedua daerah ini.

Dan, itulah sebabnya, ketika nama H. Zul Evi Astar Datuak Asa Batuah, mengapung sebagai calon anggota DPD-RI, dukungan demi dukungan dari rang Luak Limopuluah terus mengalir untuk  kolomnis yang banyak menulis di surat kabar daerah dan nasional itu.

Diungkapkan H. Zul Evi Astar Datuak Asa Batuah, sebagai birokrat professional, dia mengaku sudah berhasil menuntaskan tugas dan pengabdiannya.

Betapa tidak, dialah satu dari sangat sedikit birokrat daerah yang berhasil mencapai jabatan tertinggi ditingkat nasional. Artinya, selama 30 tahun berkarir sebagai PNS atau Aparatur Sipil Negara (ASN), H. Zul Evi Astar Datuak Asa Batuah, menutup pengabdian dengan mencapai puncak tertinggi golongan kepangkatan IV/e dengan jabatan sebagai Wakil Sekretaris Jenderal Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI).

“Namun, sebagai warga negara dan warga masyarakat daerah maupun nasional, saya merasa inilah saatnya memulai pengabdian baru bagi kemajuan daerah dan masyarakat serta menghasilkan kebaikan bagi bangsa dan Negara dimasa depan,” ungkapnya ketika berbincang-bincang dengan www.dekadepos.com  belum lama di Kota Payakumbuh.

Berbekal pengalaman  dan pengetahuan sebagai birokrat selama 30 tahun berkarir di daerah dengan puncaknya sebagai pimpinan birokrasi di lembaga Negara DPD RI, ulas H. Zul Evi Astar Datuak Asa Batuah, dia mengaku merasa masih punya cukup energi dan kemampuan untuk melangkah ke bidang pengabdian berikutnya yakni sebagai wakil daerah di tingkat nasional.

Rasanya, apa yang diungkapkan H. Zul Evi Astar Datuak Asa Batuah benar dan pantas mendapat dukungan dari masyarakat Propinsi Sumatera Barat, utamanya warga Kabupaten Limapuluh Kota dan Kota Payakumbuh.

Betapa tidak, dengan niat untuk menyumbangkan semua potensi yang dimilikinya untuk memberikan sesuatu yang baik bagi daerah, masyarakat, bangsa dan negara, khususnya untuk ranah Minang dan utamanya untuk daerah Kabupaten Limapuluh Kota dan Kota Payakumbuh, tentu tak ada salahnya langkah H. Zul Evi Astar Datuak Asa Batuah yang telah mencalonkan diri sebagai anggota DPD RI Pemilu 2019, mendapat dukungan dari rang Luak Limopuluah.

Sebagai birokrat profesional yang meniti karir dari bawah, H. Zul Evi Astar Datuak Asa Batuah, punya visi “Daerah Kuat, Negara Hebat” itu, mengaku bahwa, kepemimpinan yang baik dan kompeten di daerah dan kepemimpinan di tingkat nasional, perlu dijembatani oleh legislator dan senator yang mumpuni yang mampu menjembatani dan mengkomunikasikan aspirasi daerah ditingkat nasional.

Untuk itu, tak ada salahnya H. Zul Evi Astar Datuak Asa Batuah, yang punya pengalaman baik ditingkat daerah maupun ditingkat nasional, diberi amanah untuk menjabat anggota DPD RI, sehingga akan lebih mudah dan efektif dalam menjalankan tugas-tugas tersebut jika didukung oleh masyarakat Sumatera Barat.

Birokrat Kaya Pengalaman

Sekali lagi, siapa tak kenal H. Zul Evi Astar Datuak Asa Batuah? Dia adalah salah seorang birokrat yang beruntung, karena kaya dengan pengalaman diberbagai bidang tugas yang berbeda-beda.

Pernah mengurusi Penataran P4 dilingkungan Pemprov Sumbar dan cukup lama berkarir di Bidang Keuangan Daerah, kemudian pernah memimpin Dinas Perhubungan, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Kepala Dinas Pengelolaan Keuangan Daerah di Propinsi Sumatera Barat. Bahkan, dia sempat pula ditugaskan mengurusi Pilkada dengan jabatan sebagai Sekretariat Panitia Pengawas Pemilihan Kepala Daerah dan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumbar.

Tak hanya sampai disitu karir birokrat, H. Zul Evi Astar Datuak Asa Batuah, dia juga pernah bertugas diberbagai daerah kabupaten/kota di Sumbar. Sebutlah, misalnya, menjabat Kepala Cabang Dispenda Sumbar di Payakumbuh, Kepala Cabang Dispenda di Lubuk Sikaping, Pasaman. Kemudian menjabat Kepala Dinas Pariwisata di Kabupaten Solok.

Ketika menjabat sebagai staf ahli Gubernur di Pemprov Sumatera Barat, H. Zul Evi Astar Datuak Asa Batuah melompat ke pusat dan diangkat menjadi Kepala Pusat Data dan Informasi (Pusdatin) Sekretariat Jenderal Dewan Perwakilan Daerah ( DPD RI).

Ternyata jabatan itu bukan terminal akhir bagi H. Zul Evi Astar Datuak Asa Batuah. Hanya sekitar dua tahun sebagai Kepala Pusdatin, dia terpilih menjabat Wakil Sekretaris Jenderal Dewan Perwakilan Daerah ( DPD RI) dan mengakhiri karirnya sebagai birokrat pemerintahan secara paripurna terhitung 1 Agustus 2016 lalu. (doddy sastra)