Hama Tupai Marak, Liko SC Bakal Gelar Buru Tupai di Kelurahan Ompang Tanah Sirah

0
149
Chanadra Setipon (Dua dari kanan) didampingi Ketua LIKO SC serta Lurah Ompang Tanah Sirah saat memberikan keterangan terkait rencana Buru Hama Tupai di Kelurahan Ompang Tanah Sirah

Payakumbuh, Dekadepos.com

Makin maraknya hama tupai yang menyerang tanaman kelapa dan kakao (coklat,red) hingga berakibat terus berkurangnya hasil panen kelapa maupun kakao masyarakat di Kelurahan Ompang Tanah Sirah, Kecamatan Payakumbuh Utara (Ex. Talawi, Batuang serta Tanjuang Anau) menjadi kekhawatiran bagi sejumlah warga di daerah yang terkenal dengan lokasi Wisata Bendungan Talawi.

Mengantisipasi terus mengganasnya hama tupai dan berkurangnya hasil panen warga, Anggota DPRD Kota Payakumbuh, Chandra Setipon yang juga putra Luhak Limopuluah asal Kelurahan Talawi bekerjasama dengan Limapuluh Kota Shooting Club (LIKO SC) bakal menggelar kegiatan buru tupai pada tanggal 29 Oktober mendatang.

LIKO SC yang diketuai Yuniwal, MT, sengaja diajak bekerjasama, sebab selama ini organisasi olahraga menembak ini telah beberapa kali membantu warga di Kabupaten Limapuluh Kota untuk membasmi hama tupai. Sehingga nantinya buru tupai yang akan digelar dapat maksimal dalam pemberantasan hama tupai di Kelurahan Ompang Tanah Sirah.

“ Memang akhir-akhir ini hama tupai di Kelurahan Ompang Tanah Sirah Kecamatan Payakumbuh Utara menjadi keluhan warga, sebab berdampak pada berkurangnya hasil panen buah kelapa maupun kakao, jadi kami berharap adanya pembasmian hama ini,” sebut Chandra Setipon, menirukan ucapan salah seorang warga yang mengadu kepadanya terkait hama tupai.

Untuk membantu warga tersebut, menurut politis PAN ini, ia dan LIKO SC sengaja menggelar kegiatan buru tupai yang akan dilaksanakan mulai pukul 07.00 Wib hingga pukul 11.00 Wib. Mudah-mudahan kegiatan tersebut bisa membantu warga yang mengeluh akibat mengganasnya hama tupai.

“ Mudah-mudahan dengan kegiatan buru tupai yang akan kita gelar nanti, bisa membantu warga yang mengeluh karena hasil panen yang terus menurun atau berkurang akibat hama tupai,” ucap Chandra Setipon diamini Yuniwal MT dan Erizal, Lurah Ompang Tanah Sirah, Jumat sore (13/10).

Sementara Yuniwal, MT mengatakan bahwa ia menyambut baik dengan ajakan yang diberikan Chandra Setipon, sebab selain bisa menyalurkan hobi anggota LIKO SC, kegiatan buru tupai juga bisa membantu masyarakat yang mengeluh karena panen tanamannya terus berkurang akibat diserang hama tupai.

“ Kegiatan buru tupai tanggal 29 Oktober nanti merupakan pertama kalinya kami lakukan di Kota Payakumbuh, mudah-mudahan bisa bermanfaat dalam membantu warga,” sebut pria yang juga  menjabat Plt. Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Limapuluh Kota itu.

Anggota LIKO SC disalah satu kegiatan buru hama tupai

Yuniwal juga menambahkan, bagi masyarakat yang ingin memakai jasa LIKO SC dalam membasmi hama tupai tidaklah susah, mereka cukup mengajukan surat permintaan kepada LIKO SC. Dan nantinya akan ditanggapi.

“ Bagi masyarakat yang ingin memakai jasa LIKO SC cukup  mengajukan surat permintaan, nantinya akan kami tanggapi. Untuk dilapangan saat berburu tupai, masyarakat juga bisa membantu dengan cara mengumpulkan hama tupai yang telah dibasmi itu,” tutupnya.

Kegiatan buru tupai merupakan agenda rutin LIKO SC dalam pengendalian hama tupai yang menyerang tanaman kelapa dan coklat masyarakat.  (est)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here