Harga Cabai Tak Lagi “ Pedas “, Termurah Selama 10 Tahun Terakhir

0
23

Payakumbuh, Dekadepos.com

Kondisi petani cabai di Kota Payakumbuh saat ini memang memprihatinkan. sebab, harga cabai saat ini tidak “sepedas” harga cabai pada tahun-tahun sebelumnya. Apalagi ketika Ramadhan datang,pada  tahun sebelumnya harga bisa melonjak tinggi hingga Rp 100ribu/kilonya. Tetapi, saat ini hanya cabai sangat menyedihkan. Pada pedagang di pasar Ibuh Kota Payakumbuh, harga cabai berkisar Rp 16ribu sampai Rp 18ribu perkilonya. “Bayangkan, berapa harga cabai ditingkat petani. Kami pedagang cuma menjual hanya berkisar Rp16ribu sampai Rp18ribu perkilonya,”ucap An salah seorang pegadang cabai di Pasar Payakumbuh kepada wartawan.

Menurut sejumlah pegadang, harga saat ini jauh berbeda dengan harga pada Ramadhan tahun lalu. Pada 2016 lalu, harga cabai masih berkisar Rp60ribu sampai Rp80ribu perkilonya. Kondisi saat ini, dengan harga dibawah Rp 20ribu perkilonya merupakan harga yang paling rendah semenjak 10 tahun terakhir. “Saat ini lah harga yang paling rendah,”ucap beberapa pedagang Pasar Payakumbuh.

Menurut pegadang, untuk pasokan cabai di  pasar Payakumbuh, masih stabil. Tidak menumpuk dan juga tidak    langka serta mudah didapat dengan harga murah. Pedagang tidak mengetahui kenapa harga cabai bisa melorot drastis. Sementara, salah seorang pejabat yang pernah bertugas sebagai Kepala Bidang Pasar Payakumbuh, Isman mengakui, selama dirinya dinas pada bidang pasar hingga 2014 lalu, harga cabai belum pernah dibawah Rp20ribu perkilonya.

“Palingan dulu harga cabai termurah masih berkisar Rp 25ribu sampai 30ribu perkilonya. Tidak seperti saat ini,”ucap Isman. Sedangkan, untuk harga cabai normal antara  petani dan  pedagang tidak rugi, harga cabai sebaiknya  berkisar antara Rp 40ribu sampai 60ribu perkilonya. (Esha Tegar).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here