Hari Ke-6, Belum Ada Partai daftar ke KPU Payakumbuh

0
28
Foto : Radar Lombok

Payakumbuh, Dekadepos.com

Hingga hari ke-6 (Minggu.red) dibukanya penyerahan salinan bukti keanggotaan partai politik kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Payakumbuh, belum ada satupun partai politik mendaftarkan diri di KPU setempat di Kelurahan Koto Kaciak Kubu Tapak Rajo (Ex. Kelurahan Kubu Gadang) Kecamatan Payakumbuh Utara. Sesuai tahapan Pemilihan Umum (Pemilu) maka penyerahan salinan bukti keanggotaan yang terdiri dari salinan KTP dan KTA itu akan berlangsung hingga tanggal 16 Oktober 2017 mendatang.

“Memang sejak kita buka penyerahan salinan bukti keanggotaan partai politik di Payakumbuh pada 3 Oktober lalu sampai kini belum ada yang menyerahkan. Dan kita menerima setiap hari mulai pukul 8.00-16.00 Wib, dan pada hari terakhir nanti sampai pukul 24.00 Wib pada tanggal 16 Oktober mendatang,” Sebut Ketua KPU Kota Payakumbuh, M.Khadafi didampingi Sekretaris KPU Dipa Persada, Kepada wartawan baru-baru ini.

Disampaikannya, berdasarkan SK Ketua KPU RI  No 165/HK.03.1-kpt/03/kpu/IX/2017 tgl 26 september 2017 ditetapkan untuk Kota Payakumbuh minimal 129 orang minimal 1/1000 dari jumlah penduduk Payakumbuh. “Kita hanya menerima salinan bukti keanggotaan, kalau pendaftaran partai dilaksanakan oleh induk partai kepada KPU RI. Kemudian penyerahan syarat pendaftaran juga di KPU RI. KPU Kabupaten Kota hanya menerima salinan keanggotaan , dengan jumlah minimal sesuai aturan 129 orang,” sebut tokoh muda Payakumbuh itu dengan Rama kepada kawan-kawan media.

Disampaikan M.Khadafi diperkirakan masing-masing partai dalam beberapa hari kedepan akan menyerahkan salinan bukti keanggotaan partai kepada KPU.

“Kita yakin, masing-masing partai akan menyerahkan salinan bukti keanggotaan kepada KPU dalam waktu dekat ini, karena saya sudah menerima kabar ada beberapa partai dalam dua hari kedepan akan menyerahkan kepada KPU,” sebut Khadafi.

Disampaikan M.Khadafi, setelah penyerahan bukti salinan keanggotaan partai politik berakhir 16 Oktober mendatang, maka pada 17 Oktober -15 November 2017 KPU akan melakukan penelitian administrasi, 16-17 November penyampaian hasil penelitian administrasi, 18 November-1 Desember  perbaikan administrasi oleh parpol, 2-11 Desember, penelitian administrasi hasil perbaikan, 12-14 Desember, Penyampaian hasil Penelitian Perbaikan (DPP/N Parpol), 15 Desember-4 Januari 2018 dilakukan Verifikasi Faktual, 4-6 Januari, penyampaian hasil Verifikasi, 7-20 Januari, Perbaikan Hasil Verifikasi Faktual, 21-3 Februari, Verifikasi Hasil Pervaikan, 4-5 Februari penyusunan BA Hasil Verifikasi dan 17 Februari 2018 penetapan parpol peserta pemilu.

“Nanti pada saat verifikasi kita akan melihat kelengkapan atau kecukupan atau ada dan tidaknya KTP atau KTA ganda. Kemudian kita juga akan melakukan verifikasi faktual kelapangan,” sebutnya.

Khadafi berharap, agar tahapan pelaksanaan pemilu yang sudah dimulai dengan penyerahan salinan bukti KTP dan KTA partai politik, berlangsung lancar dan baik. (Est).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here