Hari Ke Tujuh Ops Zebra 2017, Ratusan Sepeda Motor “ Dikandangkan”

0
194

Payakumbuh, Dekadepos.com

Ratusan Kendaraan Bermotor (Ranmor) Roda Dua berbagai Merek dikandangkan/diamankan Jajaran Satlantas Polres Payakumbuh sejak Operasi Zebra tahun 2017 yang digelar sejak 1 November lalu. Dalam operasi yang bertujuan menciptakan kesadaran masyarakat dalan mewujudkan ketertiban, keamanan, kenyamanan dan kesadaran serta kelancaran berlalulintas, Polisi telah menerbitkan sekitar 518 Surat Tilang karena berbagai pelanggaran lalulintas.

Sekitar 300 kendaraan roda dua yang “ Dikandangkan” / ditahan tersebut akibat pengendera tidak bisa menunjukkan surat-surat kendaraan seperti STNK dan SIM saat mengendarai sepeda motor. Rata-rata sehari ada 80 tilang dikeluarkan selama 7 hari operasi zebra 2017. Umumnya jenis pelanggaran kasat mata tidak pakai helm, kaca spion dan knalpot resing. Kemudian juga surat-surat kendaraan tertinggal, menjadi alasan paling banyak disampaikan pengendera saat terjaring razia.

Baca juga : http://www.dekadepos.com/polres-payakumbuh-gelar-operasi-zebra-2017-kapolres-abkp-kuswoto-patuhi-undang-undang-lalulintas/

Dari ratusan kendaraan roda dua yang ditahan sekitar 10 persen kondisinya sudah trondol, sudah ditelanjang-telanjangi bodi dan lampu-lampunya. Kemudian juga tidak pakai kaca spion ditambah knalpot racing. Bahkan ada juga Kendaraan Dinas yang juga di “ Kandangkan”.

“Memang selama operasi zebra sejak 1 November lalu hingga hari ke-7 ini sudah ratusan surat tilang diberikan kepada pelanggar lalulintas. Kemudian 300 kendaraan terpaksa ditahan karena tidak bisa menunjukkan surat-surat kendaraan seperti STNK dan juga SIM,”. Sebut Kapolres Payakumbuh AKBP. Kuswoto melalui Kasat Lantas AKP. Yudi Satria dan Paur Humas Aiptu. Hendri Ahadi melalui Kanit. Turjawali Ipda. Syafrizal Azis dan Kaurmintu Aipda Moes, Selasa (7/11).

Kanit. Turjawali Satlantas Polres Payakumbuh, Ipda. Syafrizal Azis

Disampaikannya, bagi pemilik kendaraan yang trondol atau tidak standar sebut Aipda Moes, ketika mengambilnya di Polres Payakumbuh harus memasang seluruh aksesoris motor hingga standar. “Jadi nanti setiap pemilik kendaraan yang motornya trondol atau tidak lengkap, harus membawa kelengkapan kendaraaanya”. Ucapnya.

Operasi Zebra 2017 akan digelar secara serentak seluruh jajaran Satlantas yang ada di tanah air selama 14 hari terhitung sejak tanggal 1 sampai 14 Nopember 2017. (Est)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here