Hari Kedua Verifikasi Calon Peserta Pemilu 2019, KPU Datangi Partai Gerindra

0
86

Payakumbuh, Dekadepos.com

Komisi Pemilihan Umum (KPU) melakukan Verifikasi terhadap partai Gerindra yang merupakan salah satu Partai Politik Calon peserta Pemilu tahun 2019. Dalam Verifikasi dihari kedua tersebut, Rabu (31/1) KPU juga didampingi oleh Panwaslu selaku pengawas Pemilihan Umum. Verifikasi tersebut dilakukan KPU di Kantor Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Gerindra Kota Payakumbuh Jalan By Pass di Kelurahan Talang Kecamatan Payakumbuh Barat.

Selain melakukan Verifikasi terhadap Kepengurusan Partai yang terdiri dari Ketua, Sekretaris dan Bendahara (KSB), KPU juga melakukan Verifikasi terhadap keanggotaan Partai besutan Mantan Calon Presiden Prabowo Subianto itu. Dalam Verifikasi tersebut, KPU memastikan Kepengurusan dan Anggota di Partai Gerindra berdasarkan Kartu Tanda Anggota (KTA) dan Kartu Tanda Penduduk (KTP). Anggota Partai Gerindra yang diverifikasi (selain KSB.red) oleh KPU adalah nama-nama anggota Partai Gerindra yang sebelumnya telah diserahkan oleh Partai Gerindra ke KPU.

“ Tadi siang memang KPU telah melakukan Verifikasi terhadap kepengurusan dan anggota Partai Gerindra Kota Payakumbuh. Verifikasi tersebut meliput Ketua, Sekretaris, Bendahara serta Anggota Partai. Nama-nama anggota Partai yang Diverifikasi sesuai dengan yang terdaftar dan Memenuhi Syarat (MS) di SIPOL.” Sebut Ketua DPC Partai Gerindra, Nurkhalis Dt. Bijo Dirajo didampingi Ketua Organisasi, Keanggotaan, dan Kaderisasi (OKK) Nasrul Kenong, Rabu sore (31/1).

Nasrul Kenong juga menambahkan, proses Verifikasi tersebut berlangsung lancar dan penuh dengan suasana keakraban.

Selain Partai Gerindra, Sebelumnya Verifikasi terhadap Partai Politik juga telah dilakukan KPU terhadap Partai Politik yang ada di Payakumbuh. Kegiatan/proses Verifikasi tersebut dimulai sejak tanggal 30 Januari hingga berakhir pada tanggal 1 Februari mendatang. Verifikasi tersebut merupakan Verifikasi terhadap Partai Poliitk pasca Keluarnya Peraturan Komisi Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 6 Tahun 2018 tentang Pendaftaran, Verifikasi, dan Penetapan Partai Politik Peserta Pemilihan Umum Anggota Dewan Perwakilan Rakyat dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah yang merupakan perubahan dari Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 11 Tahun 2017. (Est)