Hari Pertama Verifikasi, KPU dan Panwas Datangi Kantor Partai Perindo

0
40

Payakumbuh, Dekadepos.com

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Payakumbuh didampingi Panwaslu melakukan Verifikasi terhadap Partai Politik (Parpol) Calon Peserta Pemilu tahun 2019. Verifikasi tersebut merupakan Verifikasi pertama pasca Keluarnya Peraturan Komisi Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 6 Tahun 2018 tentang Pendaftaran, Verifikasi, dan Penetapan Partai Politik Peserta Pemilihan Umum Anggota Dewan Perwakilan Rakyat dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah yang merupakan perubahan dari Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 11 Tahun 2017.

Verifikasi tersebut dimulai KPU pada Senin (30/1) sekitar pukul 13.00 Wib di Kantor Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Persatuan Indonesia (Perindo) Kota Payakumbuh. Dalam Verifikasi tersebut, KPU melakukan pemeriksaan terhadap Kepengurusan DPC Partai Perindo  (Ketua, Sekretaris dan Bendahara) dan Keanggotaan Partai. Mulai dari Pemeriksaan Kartu Tanda Anggota (KTA), Kartu Tanda Penduduk (KTP), SK Pengurus dan Legalitas Kantor DPC.

Berbeda dengan Verifikasi sebelumnya, dalam Verifikasi ini Pengurus masing-masing Partai Politik menghadirkan Keanggotan/anggota Partai yang sebelumnya telah terdaftar di Sistim Informasi Partai Politik (SIPOL) di Kantor Partai mereka masing-masing, sementara pada Pemilu sebelumnya, KPU turun langsung melakukan Verifikasi Faktual kerumah masing-masing anggota Partai Politik yang dipilih untuk diverifikasi.

“ Tadi memang merupakan hari pertama kita melakukan Verifikasi terhadap partai Politik Calon Peserta Pemilu tahun 2019i. Selain Perindo, kita juga mendatangi Kantor Partai Politik lainnya” sebut Ketu KPU Payakumbuh, M. Khadafi didampingi dua Komisioner KPU, Yuzalmon dan Heidi Mursal, Selasa sore (30/1).

Khadafi juga menambahkan, dari jumlah Anggota Partai Perindo yang memenuhi syarat (MS) di SIPOl, maka sekitar 6 orang anggota Partai yang harus mereka hadirkan KPU melakukan Verifikasi saat ke Kantor DPC Partai Perindo. Jumlah tersebut diluar Ketua, Sekretaris dan Bendahara (KSB) partai yang juga di verifikasi.  “ Selain melakukan Verifikasi terhadap KSB Partai Perindo, kita juga Verifikasi Keanggotaannya”. Ucapnya.

Usai melakukan Verifikasi, KPU Kota Payakumbuh mengucapkan terima kasih atas kerja sama dari Partai Perindo Kota Payakumbuh. Nantinya KPU akan menindaklanjuti data yang sudah di dapat dari Partai Perindo, untuk nantinya diinformasikan kembali kepada partai Perindo. Kegiatan Verifikasi tersebut dimulai sejak tanggal 30 Januari hingga berakhir pada tanggal 1 Februari mendatang. KPU berharap Partai Politik calon peserta Pemilu Tahun 2019 bisa bersiap diri, baik secara keanggotaan maupun kepengurusan yang akan di Verifikasi. (Est)