Hiburan Orgen Tunggal Dibatasi Sampai Pukul 6 Sore

0
182

Limapuluh Kota, dekadepos.com –

Untuk menghindari terjadinya gangguan keamanan dan ketertiban di lingkungan masyarakat, Kapolres Limapuluh Kota AKBP Haris Hadis meminta kepada Kapolsek-kapolsek yang ada di daerahnya agar membatasi izin hiburan orgen tunggal sampai pukul 18.00 Wib atau 6 sore.

“ Saya minta kepada Kapolsek-kaposek agar tidak memberikan izin hiburan orgen tunggal kepada masyarakat, baik yang akan melaksanakan helat perkawinan, kegiatan kepemudaan dan pesta lainnya,  sampai larut malam. Artinya, izin hiburan orgen tunggal hanya boleh sampai jam 18. WIB atau enam sore, “ tegas Kapolres AKBP Haris Hadis.

Menurut Kapolres AKBP Haris Hadis, adanya kebijakan untuk membatasi izin hiburan orgel tunggal sampai pukul enam sore itu sudah dikoordisasikan dengan Bupati Limapuluh Kota dan pada prinsipnya bupati mendukung kebijakan itu.

“ Terkait kebijakan tersebut, saya sudah minta kepada Bupati untuk mensosialisasikan atau memberitahukan putusan itu kepada para camat, walinagari, Jorong dan masyarakat yang ada di kawasan Kabupaten Limapuluh Kota. Tegasnya, pihak Polres dan Pemkab Limapuluh Kota telah menyiapkan aturan terkait izin orgen tunggal tersebut, sehingga dapat mencegah terjadinya gangguan kamtibmas, “sebut Kapolres AKBP Haris Hadis.

Ditekankan Kapolres AKBP Haris Hadis bahwa, mulai saat ini tidak ada lagi dispensasi pelaksanaan orgen tunggal sampai larut malam. Pasalnya, sudah sering terjadi bahwa akibat hiburan orgen tunggal sampai larut malam, sering menjadi pemicu terjadinya konflik sekelompok masyarakat antar nagari, bahkan berakhir perkelahian antar kampung.

“Gangguan kamtibmas itu terjadi akibat pengaruh minuman keras dan tidak tertutup kemungkinan ada yang terlibat mengkonsumsi narkotika,” sebut Kapolres AKBP Haris Hadis.

Kapolres AKBP Haris Hadis menegaskan, jika ada masyarakat yang memaksakan hiburan orgen tunggal sampai malam hari, diluar dugaan terjadi kasus gangguan keamanan dan kertiban lingkungan, maka tanggungjawabnya akan dibebankan kepada yang punyai hajat.

Diakhir wawancara Kapolres AKBP Haris Hadis mengimbau kepada seluruh lapisan masyarakat, agar bisa bekerja sama untuk menjalankan aturan tersebut demi mewujudkan Limapuluh Kota yang bebas dari perbuatan dan tindakan yang mengganggu kamtibmas serta norma berlaku. (esha tegar)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here