Hitung Sementara Pilkada Payakumbuh 2017, W-Fii Unggul

0
49

Payakumbuh, Dekadepos.com

Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Payakumbuh yang berlangsung, Rabu (15/2) berjalan lancar, aman dan sukses. Artinya, untuk sementara waktu, tidak ada laporan yang diterima pihak Panitia Pengawas Pemilih (Panwaslih) dan Komisi Pemilihan Umum (KPU) adanya gangguan di Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang dapat menganggu jalannya proses Pilkada. Tiga pasang calon yang bertarung merebut kursi BA 1 M dan BA 5 M untuk masa bakti 2017-2022, masing-masing pasangan nomor urut 1 dari jalur independen Wendra Yunaldi-Ennaidi, pasangan nomor urut 2 Riza Falepi-Erwin Yunaz (F-Win) dan pasangan Suwandel Muhktar-Fitrial Bachri (W-Fi) sampai berita ini dikirim , dari masing-masing Posko pemenangan perolehan suara yang masuk masih terjadi kejar-kejaran.

Hasil pantauan di Posko pemenangan nomor urut 1 Wendra Yunaldi- Ennadi di Taman Sahati, tidak terlihat kegiatan rekapitulasi. Namun, dari keterangan beberepa orang tim sukses atau relawan yang ada di Posko tersebut membenarkan untuk sementara perolehan suara pasangan Wendra-Ennaidi baru diposisi paling pincit. Sementara data yang diperoleh dari Posko F-Win, dari rekapitulasi sementara sampai pukul 16.00 Wib sebanyak 11.986 suara. Sedangkan data yang berhasil di himpun dari Posko W-Fi, sampai pukul 16.30 Wib telah berhasil menggumpulkan 12.348 suara.
3

Meskipun untuk sementara pasangan nomor urut 3 yang diusung Partai Golkar, PDIP, Partai Demokrat, PAN, Partai Nasdem dan Hanura unggul dalam perolehan suara sementara. Namun, belum bisa dipastikan pasangan Wakil Walikota Incumbent itu akan menjadi orang nomor satu di Payakumbuh, karena perolehan suara yang masuk ke posko masing-masing pasangan calon sampai berita ini dikirim ke redaksi baru berjalan sekitar 42 persen.

Paslon Unggul “ Dikandang “ Sendiri

Hasil pantauan sepanjang pagi hingga siang, puluhan ribu warga berbondong-bondong menuju Tempat Pemungutan Suara (TPS) untuk menggunakan hak pilih mereka, Rabu (15/2). Meskipun cuaca sedikit mendung namun antusias warga untuk memilih pemimpin yang baru tetap tinggi. Sementara itu Walikota Payakumbuh Riza Falepi dan Wakil Walikota Suwandel Muchtar pagi itu juga datang ke TPS dekat dengan domisili masing-masing untuk menggunakan hak pilih.
2
Seperti halnya Walikota Riza Falepi bersama istri, Ibu Henny Yusnita melakukan pencoblosan di TPS 4 yang berada di SMK Taman Siswa di Kelurahan Kapalo Koto Dibalai pada pukul 10.30 pagi. Kemudian Wakil Walikota Payakumbuh Suwandel Muchtar bersama istri, Ibu Rasyidah tiba TPS 7 di kelurahan Ibuah Kecamatan Payakumbuh Barat pada pukul 09.30 pagi. Hingga saat ini, dari hasil pantauan sejumlah TPS persentase jumlah pemilih sudah mendekati 60 persen. Sedangkan Calon Walikota dari jalur perseorangan Wendra Yunaldi, menggunakan hak pilihnya di TPS 3 Padang Tinggi Piliang. Wendra berangkat menuju TPS bersama isteri tercintanya.

Setelah dilakukan penghitungan surat suara di TPS 4 di kelurahan Tigo Koto Dibalai, tempat Walikota mencoblos, diketahui pasangan Riza Falepi-Erwin Yunaz, unggul telak dengan perolehan 164 suara sah, sedangkan pasangan Suwandel Muchtar-Fitrial Bachri memperoleh 41 suara, dan pasangan Wendra Yunaldi-Ennaidi hanya mendapat suara 13. Begitu juga ditempat Wakil Walikota memilih di TPS 7 Kelurahan Ibuah, pasangan Suwandel Muchtar-Fitrial Bachri juga unggul dengan perolehan suara 103 suara, kemudian disusul pasangan Riza Falepi-Erwin Yunaz dengan perolehan 66 suara, sedangkan pasangan Wendra Yunaldi-Ennaidi hanya mendapatkan 39 suara.

Sedangkan di TPS tempat Wendra Yunaldi melakukan pencoblosan, pasangan Wendra Yunaldi-Ennaidi menang dengan perolehan 141 suara kemudian disusul pasangan Suwandel Muchtar-Fitrial Bachri dengan perolehan 84 suara, terakhir pasangan Riza Falepi-Erwin Yunaz memperoleh 59 suara sah. (Esha Tegar).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here