HUT PPNI Ke-44, Diisi Berbagai Kegiatan

0
59

Payakumbuh, Dekadepos.com

Wakil Walikota Payakumbuh Erwin Yunaz berbaur dengan ratusan ibu-ibu anggota klub jantung sehat (KJS) dan klub prolagnis se Kota Payakumbuh dalam acara Senam Massal di pelataran parkir Ngalau Indah Kota Payakumbuh. Acara diadakan dalam rangka memperingati HUT Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) ke-44. Selain Senam Massal, peringatan HUT PPNI ke-44 juga diisi dengan pemeriksaan kesehatan gratis seperti pemeriksaan darah, kolesterol dan tekanan darah serta penyuluhan kesehatan.

“Peringatan HUT PPNI ini serentak diadakan di seluruh Indonesia,  khusus PPNI Kota Payakumbuh kita pusatkan kegiatan di Ngalau ini, disamping senam dan pemeruksaan kesehatan, nanti juga akan ada penyuluhan kesehatan dan penarikan doorprice bagi peserta senam,” ujar Ketua PPNI Kota Payakumbuh Ns.Vanda Sandriani, S.Kep. baru-baru ini.

Dikatakan, “HUT PPNI sendiri sebenarnya diperingati setiap tanggal 17 Maret, namun khusus tahun ini karena bertepatan dengan libur Hari Raya Nyepi, maka peringatan HUT dimajukan satu hari oleh pengurus PPNI se Indonesia,” kata Vanda.

Ditambahkan, momen peringatan HUT PPNI ke-44 ini diharapkan mampu meningkatkan motivasi para perawat khususnya yang tergabung dalam PPNI Kota Payakumbuh untuk lebih berperan meningkatkan kesehatan masyarakat di Kota Payakumbuh.

Kepala Dinas Kesehatan Payakumbuh yang diwakili Sekretaris Dinkes, Desmon Korina mengucapkan selamat memperingati HUT kepada pengurus dan anggota PPNI Kota Payakumbuh. “Selamat kepada PPNI, semoga kedepan semakin eksis dalam membangun masyarakat kota Payakumbuh yang lebih sehat,” ujar Desmon Korina.

Dikatakan, Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh akan terus mendukung kiprah para perawat khususnya yang berada dalam wilayah pembinaan Dinkes Kota Payakumbuh. “Kami senantiasa memperhatikan pembinaan dan peningkatan kompetensi serta karier para perawat  ,” ujar Desmon

Ditambahkan, saat ini Dinkes sedang fokus melakukan pembinaan dan pengawasan terhadap praktek mandiri keperawatan. “Para perawat yang membuka praktek mandiri keperawatan terus kami bina agar kedepan lebih profesional dalam melayani masyarakat,” ujar Desmon.

Sementara Wakil Walikota Payakumbuh Erwin Yunaz mengharapkan PPNI mengambil peran lebih besar dalam rangka menjaga kesehatan warga Kota Payakumbuh. “PPNI sebagai bagian dari organisasi tingkat kota bahkan merupakan mitra strategis Pemko, kami harapkan dapat membantu menjaga kesehatan masyarakat, mengedukasi warga tentang pentingnya memelihara kesehatan baik kesehatan pribadi, keluarga dan lingkungan, sehingga bisa terhindar dari berbagai macam penyakit,” jelas Wawako Erwin Yunaz.

Wakil Walikota berjanji akan meningkatkan kerjasama dengan PPNI untuk bersama-sama mengupayakan Kota Payakumbuh sebagai kota yang betul-betul sehat. “Jujur, ini kegiatan pertama saya dengan PPNI, kedepan hubungan kemitraan ini akan kita tingkatkan dalam bentuk kerja yang lebih nyata, sehingga Kota Payakumbuh betul-betul menjadi Kota Sehat dalam artian yang sesungguhnya,” pungkas Wawako Erwin.

Disamping Wakil Walikota, tampak hadir pada peringatan HUT PPNI ke-44 di Kota Payakumbuh, Direktur Rumah Sakit Adnaan WD, Direktur Rumah Sakit Yarsi Payakumbuh, Ketua-ketua organisasi profesi kesehatan, Kepala BPJS Kota Payakumbuh, pimpinan Puskesmas se Kota Payakumbuh dan stakeholder PPNI lainnya. Rangkaian acara diakhiri dengan penarikan undian doorprice yang telah disiapkan pengurus PPNI Kota Payakumbuh. (Est)