Istri Anggota DPRD Payakumbuh Belajar Etika Pengembangan Kepribadian

0
205

PAYAKUMBUH, dekadepos.com –

Suasana harmonis penuh keakraban tampak terpancar dari wajah para istri anggota DPRD Kota Payakumbuh saat mengikuti seminar bertajuk; Etika Pengembangan Kepribadian Ikatan Keluarga Dewan (IKADE) Kota Payakumbuh, Senin (17/4) di aula DPRD setempat.

Seminar yang dibuka secara resmi oleh Ketua DPRD Kota Payakumbuh, Yendri Bodra Dt. Parmato Alam, itu selain diikuti istri-istri anggota dewan juga ikut  anggota Gabungan Organisasi Wanita dan Bundo Kanduang se-Kota Payakumbuh.

Ketua IKADE Kota Payakumbuh, Ny. Efriyalti YB Dt. Parmato Alam, dalam kesempatan tersebut mengatakan, kegiatan seminar ini merupakan salah satu agenda program kerja (progja) dari IKADE Kota Payakumbuh.

Tujuan dilaksanakan kegiatan ini, ulas Ny. Efriyalti YB Dt. Parmato Alam, selain bertujuan untuk menjalin keakraban sekaligus untuk mempererat tali silaturahmi antara sesame istri anggota DPRD Kota Payakumbuh, sekaligus untuk mendapatkan ilmu pengetahuan bagaimana tata cara mengembangkan kepribadian, baik sebagai perempuan, ibu, atau sebagai pendamping suami.

“Kami ingin dari hasil kegiatan ini, para peserta seminar yang tergabung di dalam gabungan organisasi wanita ini menjelma menjadi wanita berkepribadian prima dan beretika baik, sehingga dapat sukses diterima dan menjadi teladan dimana pun berada,” tutur Ny. Efriyalti YB Dt. Parmato Alam.

Sementara itu, Dr. Ulfatmi. M.Ag selaku nara sumber dalam kegiatan tersebut menyampaikan, perempuan terlebih para ibu, memegang peran sangat penting dalam kehidupan, baik sebagai ibu rumah tangga, maupun pendamping suami maupun sebagai makhluk sosial.

Perempuan selalu ingin dapat memberikan yang terbaik bagi anak-anak dan suaminya, karena kebahagian tertinggi bagi perempuan adalah ketika orang-orang terdekat dalam kehidupan mereka bisa tersenyum bahagia. Namun untuk memberikan itu semua, seringkali perempuan dihadapkan pada kendala, sehingga memerlukan banyak pengorbanan mewujudkannya.

Dewasa ini tersedia banyak kesempatan bagi perempuan untuk sukses dengan tetap berperan, entah sebagai istri maupun ibu. “Zaman telah membuka kesempatan seluas-luasnya bagi perempuan untuk dapat maju dan berkembang,” katanya.

Apapun profesinya, lanjut Dosen IAIN Imam Bonjol ini, yang dibutuhkan adalah mindset, sikap positif, pantang menyerah, kreatif dan mandiri. Oleh sebab itu, melalui wadah seminar ini dapat membantu peserta mencapai efektivitas dan kesuksesan di semua kehidupan pribadi dan kehidupan organisasi,” ujar Ulfatmi.

Sebelumnya, Ketua DPRD Payakumbuh Yendri Bodra Dt. Parmato Alam mengungkapkan, seminar ini, hakikinya bertujuan untuk menjaga keseimbangan pikiran, perasaan, tindakan, dan keterampilan, guna menciptakan kehidupan yang diinginkan secara unggul dan profesional. Seminar ini dirancang untuk meningkatkan kemampuan kaum perempuan agar menjadi pribadi yang lebih optimis.

“Saya berpesan seluruh peserta seminar bisa terus mendapatkan pelatihan pengembangan diri, pelatihan table manner, mengerti hak-hak perempuan, persamaan gender serta bisa memimpin di segala tingkatan dengan tidak meninggalkan kodrat kita sebagai ibu dan istri yang berkualitas,” pungkas Yendri Bodra Dt.Parmato Alam. (esa tegar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here