Jadi Sekolah Pertama Gelar UNBK, SMP 1 Harau Harap Penambahan Komputer

0
60

Limapuluh Kota, Dekadepos.com

Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 1 Kecamatan Harau menjadi satu-satunya sekolah ditingkatan SLTP/Mts di Kabupaten Limapuluh Kota yang menggelar Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) pada tahun 2017. Sementara sekitar 71 Sekolah lainnya masih menyelenggarakan Ujian Nasional Berbasis Kertas dan Pensil (UNKP). Meski menjadi satu-satunya sekolah yang menyelenggarakan UNBK perdana pada tahun ini, namun sekolah yang dipimpin Ahmad Guntur, S. Pd masih kekurangan Komputer saat penyelenggaraan UNBK yang dimulai pada Selasa (2/5). Sehingga sekolah tersebut terpaksa melakukan Ujian Nasional sebanyak tiga (3) shift.

Dari 233 Siswa/I disekolah yang berada di Ibukota Kabupaten itu, Panitia Pelaksana Ujian membagi peserta ujian dalam tiga shift dan dilaksanakan di tiga ruangan kelas. “ Kita memang perdana melaksanakan UNBK, dan Alhamdulillah selama dua hari pelaksanaan ujian, tidak ada gangguan. Untuk pelaksanaan ujian, kita bagi dalam tiga shif”. Sebut Ahmad Guntur, Rabu siang (3/5) disela-sela pelaksanaan UNBK disekolah itu.
IMG_20170503_141349

Ia juga menambahkan, untuk menyuskseskan UNBK, pihak sekolah menyiapkan 78 unit Komputer, selain itu juga menyiagakan 5 unit lainnya. Kedepan, Ahmad Guntur juga berharap Pemerintah Daerah bisa terus mengalokasikan dana yang lebih besar untuk pendidikan, sehingga UNBK dapat dilaksanakan oleh seluruh sekolah di Kabupaten Limapuluh Kota.

Ditempat terpisah, Kepala Dinas Pendidikan Limapuluh Kota, Radimas mengakui bahwa memang hanya satu sekolah yang bisa melaksanakan UNBK tahun 2017 ini, ia berharap kedepan Pemerintah Daerah dapat membantu pengangaran pengadaan komputer, sehingga tahun depan UNBK minimal bisa digelar satu sekolah ditiap Kecamatan. Selain karena ketiadaan biaya dalam pengangaran pembelian komputer untuk UNBK, adanya sejumlah aturan yang membuat pihak sekolah dan komite tidak bisa memungut biaya atau sumbangan menjadikan pihak sekolah tidak bisa berbuat banyak untuk memajukan sekolah.
IMG_20170503_140555

“Tahun ini peserta Ujian Nasional tingkat SLTP dan MTs mencapai 5584 siswa, yang terdiri dari 72 sekolah. Kita kedepan kita berharap penyelengaraan UNBK bisa terwujud di semua sekolah, minimal satu sekolah di tiap Kecamatan. Sebab tahun ini, ditingkat SLTP hanya SMP 1 Harau yang menyelenggarakan UNBK”. Ucapnya.
IMG_20170503_140331

Ia juga menambahkan, dengan adanya sekolah melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer, dinilai lebih efektif dan efesian, selain tidak memerlukan jumlah pengawas yang banyak, kebocoran dari soal ujian juga bisa diantisipasi termasuk siswa mencontek bisa ditekan. Penerapan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) juga memiliki keunggulan dibanding Ujian Nasional Berbasis Kertas Dan Pensil (UNKP). (Esha Tegar).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here