Jalan Rusak Bekas Galian PDAM, Bakal Ganggu Kelancaran Arus Mudik

0
43

Payakumbuh, Dekadepos.com

Bagi anda pemudik yang melewati Jalan raya Payakumbuh-Lintau diruas kilometer 5, perbatasan Kelurahan Airtabik, Kota Payakumbuh dan Nagari Sungaikamuyang, harus hati-hati dan waspada saat mengendara di Jalan tersebut, terutama jika melintas di malam hari, sebab kondisi Jalan mengalami kerusakan. Kerusakan disebabkan adanya penggalian pada badan jalan yang tidak di tutup sempurna. Sehingga menimbulkan kerusakan dan rawan kecelakaan di jalan penghubung Kota
Payakumbuh, Kabupaten Limapuluh Kota dan Kabupaten Tanahdatar.

Kondisi jalan rusak tersebut dikeluhkan salah seorang pengendara yang kerap melintas dilokasi itu kepada wartawan, menurut Riki (33) hal tersebut sudah berlangsung cukup lama. “Kita sudah melihat kerusakan pada jalan ini sudah cukup lama sekali ,mungkin sudah ada sekitar satu tahun jalan ini mengalami kerusakan ,namun belum ada juga perbaikan kembali untuk mengaspal jalan yang terputus itu,”sebut warga asal Kecamatan Lareh Sago Halaban.

Pemilik sekaligus pengemudi mobil angkutan barang Mitsubisihi L 300 ini, hampir setiap hari melewati jalan raya Payakumbuh Lintau tersebut. Sehingga cukup hafal dimana saja terdapat kerusakan pada badan jalan sepanjang jalan provinsi tersebut . “Kerusakan yang parah sepertinya memang disini, selain itu hanya ada jalan sempit dan sedikit bergelombang di arah Lintau sana,”sambungnya.

Sebelumnya jalan rusak yang tidak jauh dari objek wisata pemandian batang tabik, Nagari Sungaikamuyang, Selasa(13/6) ini sempat membuat satu unit truck terperosok kedalam lubang dibadan jalan. Sebab gorong-gorong aliran air untuk irigasi sawah warga tidak sanggup menahan bobot kendaraan diatasnya. “Menurut warga, ini merupakan dampak penggalian pipa PDAM, namun seteleh dicek dan diperiksa. Bukan itu penyebabnya,” sebut Anggota DPRD Kota Payakumbuh, Chandra Setipon kepada wartawan usai meninjau kondisi jalan rusak itu baru-baru ini.

Terpisah salah seorang tokoh masyarakat Lareh Sago Halaban, Rothman Slitonga, kepada wartawan menyebutkan, jalan raya Payakumbuh -Lintau, merupakan salah satu jalur lalu lintas yang cukup padat saat mudik dan balik lebaran. “Harapan kita tentunya akses jalan antar kabupaten ini bisa diperbaiki sebelum lebaran ini. Sehingga arus mudik dan balik bisa tetap lancer,”harapnya

Terpisah Wakil Ketua DPRD Kabupaten Limapuluh Kota, Satri Andiko Datuak Putiah, juga membenarkan terjadinya kerusakan jalan di kawasan Pinangbalirik jalan raya Payakumbuh-Lintau. menurut politisi Demokratini, ruas jalan tersebut merupakan ruas jalan provinsi,”Kita berharap pemerintah provinsi melakukan perbaikannya melalui Dinas Pekerjaan Umum,”. Ujarnya kepada wart. (Esha Tegar).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here