Jalan Sudirman Bakal Disterilkan dari Pedagang Kuliner

0
682
pusat kuliner malam deretan toko Hizra dan Kenalan akan dipindahkan ke pusat kuliner atap kanopi.

PAYAKUMBUH, dekadepos.com-

Meski sampai saat ini upaya pemindahan pedagang kuliner malam disepanjang Jalan Jendral Sudirman Payakumbuh mulai dari Simpang Benteng sampai ke Simpang Kasda, masih terjadi pembahasan antara pedagang dengan Pemko.

Namun upaya Pemko Payakumbuh untuk menertipkan para pedagang kuliner mulai dari Simpang Benteng sampai ke Simpang Kasda, utamanya bagi para pedagang kuliner yang berjualan di atap kanopi depan pusat pertokoan Blok Barat dan Timur (deretan toko Hizra dan Kenalan,red) menjadi program utama bagi pemko dalam upaya penataan pedagang kuliner yang ada di kota ini.

Kepala Dinas Koperasi Perdagangan dan UMKM Pemko Payakumbuh, Dahler, ketika diminta komentarnya terkait adanya rencana Pemko untuk memindahkan para pedagang kuliner membenarkan adanya rencana pemindahan tersebut.

Pedagang kuliner malam disepanjang Jalan Jenderal Sudirman Payakumbuh bakal dipindahkkan ke pusat kuliner Labuah Tangah bawah atap kanopi dan Jalan Sutan Usman.

“Untuk langkah awal Pemko akan memindahkan para pedagang kuliner yang berjualan dideretan toko Hizra dan Kenalan, ke lokasi baru pusat kuliner di kanopi yang berada di Labuah Tangah setelah selesai dibangun dengan segala fasilitas yang bagus,” ungkap Dahler.

Menurut Dahler, sejauh ini rencana pemindahan itu sudah dilakukan pertemuan dengan para pedagang kuliner yang berada di deretan toko Hizra dan Kenalan.

Diakui Dahler, setelah upaya pemindahan para pedagang kuliner yang berada di deretan toko Hizra dan Kenalan selesai dilakukan, para pedagang kuliner yang berjualan mulai di Simpang Benteng dan Simpang Kasda juga akan dipindahkan ke Jalan Sutan Usman.

Kepala Dinas Koperasi Perdagangan dan UKM Pemko Payakumbuh, Dahler.

“Intinya, Jalan Jenderal Sudirman akan disterilkan dari pedagang kuliner dan akan dijadikan lahan parkir, sehingga kemacetan dan kesembrawutan yang selama ini terjadi disepanjang jalan Jenderal Sudirman dapat diatasi,” ungkap Dahler.

Dahler juga mengatakan bahwa, Pemko Payakumbuh sudah memprogram akan memperlebar jalan Jendral Sudirman, utamanya yang berada pusat pertokoan deratan Toko Hizra sampai ke Rumah Makan Asia Baru.

“Jenjang utama di pusat pertokoan Blok Barat akan diruntuhkan karena akan terkena pelebaran jalan. Sedangkan 4 buah toko yang berada dibawah jenjang tersebut akan dipindahkan belakang,” pungkas Dahler. (est)