Jelang Keberangkatan JCH, Kemenag Berikan Pembekalan

0
42

Payakumbuh, Dekadepos.com

Kementrian Agama (Kemenag) Kota Payakumbuh terus melakukan pembekalan terhadap Cajon Jemaah Haji (CJH) Kota Payakumbuh yang akan berangkat menunaikan Ibadah Haji Tahun 2018 ini. Pembekalan tersebut dilakukan dengan cara melakukan manasik haji jelang keberangkatan ketanah Suci Mekkah Tahun 1439 H-2018 M mendatang. Pembekalan tersebut diberikan di aula kantor Kemenag Kota Payakumbuh Kamis 22 Maret 2018.

Jufrimal, Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umroh, Kemenag Kota Payakumbuh,  dan tim kesehatan haji Indonesia memberikan Pembekalan dalam Meteri bimbingan manasik haji tersebut, selain itu materi manasik juga disampaikan oleh Buya Zuldaswar.

Untuk tahun 2018 ini, dari 337 orang CJH Kota Payakumbuh didominasi oleh perempuan, mereka terlihat serius mengikuti bimbingan manasik haji yang disampaikan oleh masing-masing narasumber. Juga terkait dengan kesehatan jemaah yang juga disampaikan tim pendamping kesehatan haji Indonesia. “Manasik ini terus kita lakukan satu kali seminggu selama delapan bulan. Ada yang dilapangan, ada berupa materi di aula kantor seperti sekarang ini. Mudah-mudahan setiap jemaah kita memahami bagaimana melaksanakan haji. Kemudian, tentu saja jemaah haji yang berangkat harus selalu dicek kesehatannya, sehingga saat melakukan ibadah haji nantinya bisa berjalan baik. ” sebutnya.

Jufrimal, Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umroh, Kemenag Kota Payakumbuh

Jufrimal juga mengatakan, Jemaah Calon Haji Kota Payakumbuh untuk tahun 2018 ini terbanyak dari tahun-tahun sebelumnya. Dibanding pada tahun 2017 lalu, hanya 212 orang jemaah yang berangkat. “Memang mengalami peningkatan, dibanding tahun 2017 lalu jauh meningkat dimana tahun 2018 ini ada 300 lebih jamaah calon haji kita yang akan berangkat,” sebut Jufrimal.

Sementara untuk keberangkatan Ketanah Suci Mekkah disampaikan Jufrimal, masih menunggu kloter keberangkatan. Sebab, sampai saat ini untuk Sumatera Barat baru Kota Padang dan Kabupaten Agam yang sudah tahu kloter keberangkatannya, sedangkan kabupaten/kota lainnya masih menunggu. “Untuk keberangkatan kloter dan glombang pertama pada 17 Juli mendatang. Kita sendiri belum mengetahui kloter keberangkatan, di Sumbar yang sudah tahu itu Kota Padang kloter 1 dan 2 sedangkan Kabupaten Agam kloter 3. Untuk kloter 4-16 belum tahu, masih menunggu,” jelasnya.  (Est)