Jelang Lebaran, Baznas Kabupaten Solok bagikan zakat kepada 571 orang mustahiq

0
68

Solok,dekadepos.com

Seminggu jelang hari raya Idul fitri 1438 H, Bertempat di Mesjid Nurul Muksinin Komplek Islamic Center Kabupaten Solok, Baznas Kabupaten Solok menyalurkan zakat kepada 571 orang Mustahiq, adapun sumber dana zakat yang di bagikan tersebut berasal dari zakat penghasilan dari ASN dan Guru yang berada di Kabupaten Solok.

Dalam laporannya Drs.H Sukardi Ketua Baznas Kabupaten Solok mengatakan sampai semester Pertama tahun 2017 ini, Baznas Kab Solok telah menghimpun dan mengelola dana zakat sebesar 1.5 Milyar.

“Dalam penyaluran zakat kali ini,kita membaginya kedalam 3 kategori penerima zakat dengan besaran dana yang diterimanya pun berbeda, yaitu penerima zakat untuk kebutuhan berobat sebanyak 35 orang yang masing-masing menerima 2 juta, Penerima zakat untuk kebutuhan pendidikan sebanyak 136 orang yang masing-masing menerima 1,3 juta serta penerima zakat orang yang berjuang di jalan Allah SWT (Fisabilillah) sebanyak 408 orang yang masing-masing menerima 500 ribu, dengan total dana zakat yang di salurkan adalah Rp. 450.800.000,-” ujar Drs H Sukardi kepada para undangan yang hadir.

Untuk menentukan kriteria penerima zakat ini,team dari Baznas Kabupaten Solok Sebelumnya telah melakukan pendataan dan verifikasi Terhadap calon penerima zakat tersebut sehingga zakat yang disalurkan tepat sasaran sehingga jangan Ndak sampai ada kecemburuan antar Masyarakat penerima zakat, lanjut Sukardi.

Sementara itu Gusmal Dt Rajo Lelo Bupati Solok mengatakan bahwa zakat itu adalahpajak sebuah kewajiban bagi seluruh umat islam yang mampu, bahkan membayar zakat itu lebih wajib dari pada membayar pajak akan tetapi pada kenyataannya masyarakat kita lebih takut tidak membayar pajak dari pada tidak membayar zakat.

“Saya berharap masyarakat yang menerima zakat ini menggunakan dana ini sesuai dengan peruntukannya,jangan di gunakan untuk keperluan konsumtif karena apabila dana ini di gunakan untuk keperluan yang tidak sesuai dengan peruntukannya, nanti yang akan susah adalah bapak dan ibuk sendiri”,pungkas Gusmal.

Gusmal juga berpesan kepada Baznas Kabupaten Solok agar senantiasa melakukan evaluasi terhadap para penerima zakat ini, apakah kedepannya mereka masih layak menerima zakat atau tidak.

Dalam acara ini turut hadir Desnadevi Gusmal Ketua TP PKK Kabupaten Solok Serta perwakilan dari Kantor Kemenag Kabupaten Solok.(wawan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here