JELANG PENETAPAN BALON WAKO-WAWAKO PAYAKUMBUH KPU MASIH MERAGUKAN SYARAT BALON

0
11

PAYAKUMBUH . Dekadepos.com.

Setelah melaksanakan Verifikasi Faktual terhadap berkas Bakal Calon (Balon) Walikota-Wakil Walikota Payakumbuh tahun 2017 sejak beberapa waktu lalu, Komisi Pemilihan Umum (KPU) berencana bakal melakukan penetapan dan pengundian nomor urut Pasangan Calon Walikota-Wakil Walikota.

Ketua KPU Payakumbuh, Hetta Manbayu melalui Komisioner Bidang Tekhnik, M. Khadafi ketika dihubungi Jumat siang (21/10) membenarkan bahwa menurut jadwal/tahapan, memang akan dilaksanakan Rapat Pleno penetapan dan pengundian nomor urut Pasangan Calon Walikota-Wakil Walikota. Ia juga menambahkan, hingga kini (Jumat.red) jelang rapat pleno tersebut pihaknya masih terus melakukan kajian terhadap verifikasi factual yang telah dilaksanakan. Sebab masih terdapat beberapa hal yang diragukan, sehingga harus berulang kali dilakukan kajian.

“ Kita telah melakukan Verifikasi Faktual terhadap berkas Bakal Calon Walikota-Wakil Walikota Payakumbuh. Namun sampai tanggal 23 nanti, kita masih akan terus melaksanakan kajian terhadap hasil verifikasi tersebut. Sebab terdapat beberapa hal yang diragukan”. Sebutnya.

Menurut Khadafi, dalam melakukan verifikasi faktual tersebut, KPU mendatangi sejumlah lembaga/badan/institusi/kantor yang berada disejumlah daerah, baik di Sidoarjo Jawa Timur, Jakarta, Bengkulu, Medan serta Padang. Namun sayang, ketika dikonfirmasi lebih jauh terhadap hasil verifikasi tersebut, KPU enggan menyebut apakah ada Balon yang telah mendaftar ke KPU tersebut dicoret.

Sementara Ketua Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslih) Kota Payakumbuh, Media Febrina ketika dihubungi via telepon genggamnya, menyebutkan bahwa hingga kini Pihaknya masih melakukan koordinasi/konsultasi dengan lembaga yang mengeluarkan dokumen dalam persyaratan Bakal Calon Walikota-Wakil Walikota. “ Hingga kini kami masih di Jakarta, tadi pagi juga masih melakukan konsultasi ke Dirjen Pajak terkait masalah perpajakan dari Balon”. Sebutnya.

Menurut rencana, Rapat Pleno Terbuka Penetapan Pasangan Calon Walikota-Wakil Walikota Payakumbuh Tahun 2017 akan digelar Senin depan (24/10) dihalaman Kantor KPU setempat di Kawasan Kubu Gadang Kecamatan Payakumbuh Utara. Sementara untuk Rapat Pleno terbuka pengundian dan pengumuman nomor urut akan dilakukan Selasa (25/10) di Gor M. Yamin Kelurahan TiakaR.

Khadafi juga mengatakan, meski nantinya ada pasangan Bakal Calon Walikota-Walikota yang telah mendaftar dicoret, namun proses Rapat Pleno terbuka pengundian dan pengumuman nomor urut akan tetap dilaksanakan. (Esha Tegar Putra)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here