Jelang Pileg 2019, KPU Payakumbuh Bakal Dirikan Rumah Pintar Pemilu

0
104
M. Khadafi, Ketua KPU Payakumbuh (Kiri) memberikan Keteraangan kepada wartawan terkait Rumah Pintar Pemilu

Payakumbuh, Dekadepos.com 

Jelang digelarnya Pemilihan Legislatif (Anggota DPRD Payakumbuh, Propinsi, DPR-RI) pada tahun 2019 mendatang, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Payakumbuh mempersiapkan Rumah Pintar Pemilu (RPP), rumah tersebut ditujukan untuk Meningkatkan partisipasi pemilih. Hal tersebut diungkapkan Ketu KPU Payakumbuh, M. Khadafi baru-baru ini.

Payakumbuh menjadi salah satu dari delapan kabupaten dan kota yang ada di Sumbar untuk adanya RPP yang merupakan program dari KPU RI. Menurutnya keberadaan RPP ini diharapkan dapat meningkatkan partisipasi pemilih baik secara kualitas maupun kuantitas dalam seluruh proses penyelenggaraan pemilu. “RPP ini juga bertujuan untuk mengedukasi masyarakat akan pentingnya pemilu dan demokrasi dengan cara memperkenalkan nilai-nilai dasar pemilu dan demokrasi, meningkatkan pemahaman pentingnya demokrasi, dan menanamkan kesadaran nilai-nilai berdemokrasi,” sebutnya.

Nantinya di Rumah Pintar Pemilu, akan ada banyak materi  tentang kepemiluan dan demokrasi sebagai bahan pendidikan bagi pemilih atau masyarakat yang datang ke RPP yang terletak di Kantor KPU Payakumbuh Kelurahan Kubu Gadang Kecamatan Payakumbuh Utara. Materi ini dikatakannya tidak hanya tentang sejarah pemilu Kota Payakumbuh tapi juga sejarah pemilu dan demokrasi yang ada di Indonesia sejak tahun 1955 hingga saat ini.

Kemudian ia berharap RPP ini dapat dimanfaatkan masyarakat, stakeholder kepemiluan, dan pemilih pemula untuk mendapatkan informasi tentang proses dan penyelenggaraan pemilu. Sehingga RPP ini dapat dijadikan sebagai media atau sarana untuk membangun komunikasi dengan seluruh pihak terkait demokrasi. “Suatu kebanggaan bagi Kota Payakumbuh karena ada RPP yang tidak semua kota atau kabupaten ada RPP ini. Sebab fasilitas yang ada di RPP ini cukup bagus dengan adanya perpustakaan, ruang informasi, ruang simulasi,”tambahnya. (Est)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here