Jelang Pilkada, KPU Bakal Kumpulkan Ratusan Guru

0
38

PAYAKUMBUH. Dekadepos.com.

Meningkatkan jumlah Partisipasi Pemilih pada Pilkada Serentak Payakumbuh tahun 2017 yang akan digelar pada bulan Februari mendatang, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Payakumbuh bakal menggelar kegiatan Pendidikan Pemilih Untuk Tenaga Pendidik SLTA Se-Kota Payakumbuh. Kegiatan yang bakal diisi oleh dua orang Dosen Unand sebagai Narasumber itu akan dilaksanakan pada Jumat siang (11/11) sekitar pukul 14.00 Wib di Aula Balai Inseminasi Buatan (BIB) Sumbar di Komplek Peternakan Jalan Pahlawan Payakumbuh. Kedua Narasumber/pemateri itu, Dr. Adinil Zetra (Dosen Fak. Ilmu Politik Unand) serta Bakaruddin Rosidi (Dosen Fak. Ilmu Politik Unand).

Kegiatan tersebut merupakan kerjasama KPU Payakumbuh dengan Universitas Andalas Padang, dan diperkirakan bakal diikuti sekitar 200 orang guru. Selain itu, juga akan dihadiri Panwaslih, PPK, PPS. Ketua KPU Payakumbuh, Hetta Manbayu melalui Koordinator Divisi Tekhnis KPU, M. Khadafi menyebutkan bahwa dengan kegiatan tersebut diharapkan dapat memberikan pemahaman kepada para pemilih pemula yang dominanya duduk di bangku sekolah untuk ikut menyukseskan Pilkada dengan memberikan hak pilihnya.

“ Pemilih pemula atau yang belum pernah ikut Pilkada kebanyakan masih duduk di bangku SLTA, untuk itu, melalui Sosialisasi yang kita berikan kepada tenaga pendidik, mereka dapat memberikan stimulan (sesuatu yang menjadi cambuk/ pendorong. Red) kepada anak didik untuk ikut menyuskeska Pilkada dan memberikan hak pilihnya pada Pilkada nanti. Sebab pemilih pemula adalah bagian terpenting dalam pemilihan kepala daerah. Sebab mereka juga bisa ikut menentukan pemimpin kedepannya”. Ucap Khadafi, Kamis sore (10/11).
3

index
Ia juga menambahkan, jumlah Pemilih pemula di Kota Payakumbuh pada Pilkada nanti diperkirakan mencapai 10 persen dari jumlah pemilih. Ia juga mengharapkan bagi para pemilih pemula yang sudah terdaftar di Daftar Pemilih Sementara (DPS) untuk bisa melihat nama mereka di DPS yang telah ditempelkan/diumumkan Panitia Pemungutan Suara (PPS) di masing-masing kelurahan. “ Hari ini, PPS sudah mulai menempel/mengumumkan DPS di masing-masing Kelurahan, kita himbau masyarakat yang sudah memiliki hak pilih, termasuk pemilih pemula untuk bisa melihat nama mereka didalam Daftar DPS tersebut. Jika belum terdaftar mereka bisa menghubungi PPS atau PPK”. Tambahnya. (Esha Tegar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here