Jelang Pilkada, Ratusan Linmas Ikuti Pembekalan

0
13

Payakumbuh. Dekadepos.com

Plt. Walikota Priadi Syukur buka pelatihan dan pembekalan bagi anggota Linmas dalam rangka pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak 15 Februari mendatang di Aula Lt. 3 Balaikota di Bukik Sibaluik, Selasa (7/2). Acara pembukaan yang dihadiri oleh Ketua KPU Muhammad Khadafi, Kapolres Payakumbuh diwakili Kabag Ops Basrial, Asisten I Yoherman, Kadis Satuan Pol PP dan Pemadam Kabakaran Devitra dan anggota Linmas peserta pelatihan.

Dalam sambutannya Walikota Plt. Priadi Syukur mengucapkan terima kasih dan penghargaan yg tinggi kepada seluruh anggota Linmas yang telah dapat hadir untuk mengikuti pelatihan ini. Apresiasi yang luar biasa pula bagi mereka untuk turut serta bergabung dalam menjaga suasana aman di tengah-tengah masyarakat dilingkungan dimana meraka tinggal. “Sesuai fungsi dan tugasnya anggota Linmas adalah sebagai garda terdepan dalam mengemban tugas bangsa dan negara dalam menciptakan suasana aman dan damai di tengah-tengah masyarakat, ” Kata Walikota Priadi.

Walikota menambahkan, bahwa kondisi Kota Payakumbuh masih relatif aman dan kondusif jelang pilkada. “Kita patut bersyukur, hingga detik ini Payakumbuh masih dalam kondisi yang sangat kondusif. Hendaknya tidak ada potensi konflik yang muncul, menjelang jalannya pemilihan kepala daerah nanti, ” ungkap Priadi Syukur. Kemudian dalam sambutannya itu pula, Walikota Priadi Syukur menekankan bahwa ada tiga hal penting yang akan mempengaruhi kualitas dan suksesnya Pilkada tersebut.

“Pilkada yang berkualitas dan sukses dapat tercapai dengan tiga poin penting di antaranya tingginya animo warga untuk berpartisipasi, tidak terjadinya money politic (politik uang), dan netralnya seluruh pihak penyelenggara dalam proses demokrasi ini. Masyarakat yang cerdas, kondisi yang aman, tertib dan damai akan juga turut mempengaruhi hasil pilkada itu sendiri. Tidak mudah dipengaruhi oleh iming-iming materi yang sifatnya sementara, persaingan akibat berbeda pandangan dan dukungan hendaknya jangan menimbulkan konflik. Ibarat pepatah Biduak Lalu Kiambang Bertaut itulah falsafah yang seharusnya kita pegang hingga pilkada selesai nanti, “harap Walikota Priadi Syukur.

Sementara itu Kepala Dinas Sat Pol PP dan Damkar, Devitra menginformasikan pembekalan dan pelatihan ini berlangsung selama 2 (dua) hari, yaitu dari tanggal 7-8 Februari, diikuti sebanyak 525 orang anggota Linmas yang terbagi dalam dua angkatan. Angkatan pertama terdiri dari anggota Linmas dari kecamatan Payakumbuh Utara, Timur dan Payakumbuh Selatan berjumlah 277 orang, sedangkan angkatan kedua yang berjumlah 248 orang berasal dari Kecamatan Payakumbuh Barat dan Latina.

Narasumber pada pembekalan berasal dari KPU, Polres Payakumbuh dan dari Dinas Sat Pol PP sendiri, sedangkan materinya yang diberikan mengenai tugas serta fungsi anggota linmas jelang hingga usai pilkada mendatang. (Esha Tegar).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here