Jelang Ramadhan, Warga Tanjung Sepina Goro Pandam Pakuburan

0
53

Payakumbuh, Dekadepos.com

Jelang Memasuki bulan Ramadhan 1438 H, tradisi membersihkan pandam kuburan terus dilakukan setiap tahunnya.
Seperti yang dilakukan warga Kelurahan Tanjung Sepina (Tanjung Gadang-Sei. Pinago), hampir seluruh warga kelurahan tersebut, datang bersama para sanak keluarganya, guna untuk membersihkan pandam kuburan pada Minggu (21/5) sekitar pukul 08.00 Wib.

“ Kegiatan ini merupakan tradisi yang telah ada sejak dulunya, dimana hampir seluruh warga kelurahan Tanjung Sepina datang untuk melayat sekaligus membersihkan pandam kuburan sanak-kerabat mereka, “ ujar Aning salah seorang warga kepada wartawan.

Aning juga menambahkan bahwa tradisi bersih-bersih kuburan menjelang bulan suci Ramadhan itu telah dilakukan secara turun-temurun di kelurahannya.

“Ya setiap menjelang bulan Romadhan, membersihkan kuburan ini kami lakukan secara rutin, selain membersihkan kuburan kami saling bermaaf-maafan sesama muslim,” ulas Aning.

Hal senada juga disampaikan oleh Ben (41), ia menyampaikan bahwa kegiatan ini bukti bahwa masih ada rasa kekompakan serta solidaritas tinggi sesama warga yang ada dikelurahan tersebut. “ Kegiatan membersihkan pandam kuburan menjelang bulan suci ramadhan ini, ada suatu ikhmah yang dapat kita petik. Dimana kita dalam satu kelurahan merasa bersatu, kompak serta saling bekerjasama dalam kegiatan tersebut, bahkan orang rantaupun ikut pulang dalam kegiatan ini,” ucap Ben.

Kegiatan membersihkan pandam kuburan yang digelar warga  melibatkan berbagai pihak, seperti Kepala Kelurahan tanjung Sepina, Ketua LPM, Kongsi Kematian, Karang Taruna, serta masyarakat setempa. (Esha Tegar).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here