Kabar Gembira, PT KAI Persiapkan Kembali Rute Bukittinggi

0
13

Bukittinggi,Dekadepos.com.

Menindak lanjuti kunjungan Mentri BUMN Rini Soemarno ke Kota Bukit tinggi Maret lalu, PT. Kereta Api Indonesia telah mempersiapkan pengaktifan kembali jalur kereta yang melewati Bukittinggi. Berkaitan dengan dimulainya sosialisasi di Bukittinggi, Manajer Aset PT. Kai Divre II Sumbar Martalius beser ta Manajer Pengamanan Aset AKBP. Asmar Yunus, dan Asisten Manajer Pener tiban Alebra menemui Walikota Bukittinggi pada Selasa (25/04) di Ruang Kerja Asisten III Setdako Bukittinggi. Dalam pertemuan itu Walikota Bukittinggi juga didampingi Asisten III,H.Zet Buyung dan Kabag Humas Yulman.

Martalius MAnajer Aset PT KAI Divre II Sumbar,menyebutkan, kedatang annya dan rombongan menemui Walikota Bukittinggi untuk sowan memberita hukan tentang rencana pengaktifan kembali jalur kereta api di Bukittinggi. Seka ligus meminta izin kepada Walikota untuk melakukan sosialisasi dan penertib an beberapa waktu kedepan.Jika walikota mengizinkan ,PT KAI segera menyu sul dengan surat resmi.

Menurut Martalius yang juga didampingi AKBP. Asmar Yunus dan Alebra, di Bukittinggi jalur kereta api yang akan diaktifkan berada di area Stasiun untuk jalur Padang Panjang-Bukittinggi-Payakumbuh.

Dijelaskan,Dalam rencana PT. KAI mulai bulan Mei ini akan melakukan sosialisasi dengan masyarakat Kota Bukittinggi, bulan Juni-Juli mempersiapkan lahan dan Bulan Agustus melakukan peletakan batu pertama. Bahkan peletak an batu pertama akan dilakukan oleh Presiden RI Joko Widodo. Sementara Menteri BUMN Rini Soemarno juga akan datang kembali ke Bukittinggi pada pertengahan Mei, ujar Martalius.

Sementara Itu, Walikota Ramlan Njurmatias menyambut positif peng aktifan kembali jalur kereta di Bukittinggi.dan mendukungnya seratus porsen. Dan ini demi pengembangan kota Bukittinggi kedepan,ujar Ramlan Nurmatias .Namaun dalam mensosialisasikan untuk mengaktifkan kembali jalur Kereta Ap itu,Jika terjadi masalah agar dapat mengabari segera. sehingga dapat ditindak lanjuti.harap Ramlan Nurmatias.

Menurut Ramlan tentu PT. KAI telah melengkapi sosialisasi dan penertib an dengan data yang lengkap. Untuk itu Ramlan menyarankan untuk mengikut sertakan Muspida sehingga satu kata dalam penyelesaian jalur kereta api ini. Agar nampak hasil langsung, pada saat membuka lahan, Ramlan juga menya rankan agar langsung membawa alat berat sehingga penertiban dapat lang sung berjalan dilapangan.
HARUS MELALUI JALUR ATAS.
Disisi lain,seusai pertemuan dengan pinak PT.KAI kepada wartawan wali kota Ramlan Numatias mengatakan,apa yang menjadi rencana PT.KAI untuk mengaktifkan kembali jalufr ketera api itu sangat disambut positif Pemko Bukit tinggi,terutama dalam rangka mengatasi berbagai kemacetan arus laljulintas yang terjadi selama ini.

Namun kita dari Pemko Bukigttinggi sempat sampaikan kepada pihak PT.KAI bahkan kepada Buk menteri BUMN,kalau jalur kereta api yang dibuat di dalam kota Bukittinggi tidak lagi dijalur bawah yang ada sekarang ini.namun kita menginginkan jalur kereta api itu diatas.Apabila PT.KAI menyetujui untuk membuat jalur kereta api diatas,maka kita akan izinkan PT.KAI untuk membuka jalur Kereta api itu kembali.Ujar Walikota.

Tetapi,kalau tetap dibuat dibawah,tentu akan berdampak terhadap kota Bukittiinggi.Dan inilah yang kita kuatirkan.tetapi kalau dibuat diatas,maka jalur yang dibawah akan dapat kita tata untuk jalan sebagai pengurai kemacetan dalam kota Bukittinggi.dan kita akan dukung penuh untuk itu,ungkap Ramlan sembari mengatakan kalau pihak utusan PT.KAI itu akan membicarakannya ditingkat pusat.

Kemudian ketika ditanyakan Dekadepos tentang nasib masarakat yang tinggal sepanjang Rel Kereta Api,terutama yang ada didalam kota Bukit tinggi .menurugt walikota Ramlan Nurmatias.Msarakat yang menyewa tanah PT.KAI itu ada membuat surat pernyataan,apabila tanah itu dibutuhkan PT.KAI, maka masarakag akan menyerahkannya kembali.Makanya untuk pelaksanan nya kita serahkan kepada PT.KAI.ujar Walikota menambahkan bangunan sepanjang REL itu tidak memiliki IMB.,

Yang paszti dari informasi yang didapat Dekadepos,rumah sepan jang Rel Kereta Api itu memang tidak memiliki IMB,namun rmah rumah itu me miliki penerangan listrik dari PLN dan bahkan ada Air PDAM,yang sebagai sarat utamanya untuk mendapatkan listrik dan air bersih harus ada IMB.Bagaimana dengan kondisi itu ? ( Aldo )

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here