KANWIL KEMENHUMKAM SUMBAR GELAR DISEMINASI HAM

0
176

PAYAKUMBUH, dekadepos.com-
Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kanwil Kemenkumham) Sumatera Barat bekerja sama dengan Bagian Hukum, pemerintah kota Payakumbuh menggelar kegiatan diseminasi hak azasi manusia (HAM) bagi aparatur negara, aparatur penegak hukum dan masyarakat kota Batiah, di Aula Lt.3 Balaikota di Bukik Sibaluik, Kamis (2/3) pagi.

Kegiatan dibuka oleh Walikota Payakumbuh yang diwakili Asisten I Bidang Pemerintahan, Yoherman, Kepala Bagian Hukum Aznizenti dan sejumlah pimpinan organisasi perangkat daerah lainnya serta undangan lainnya.

Acara desiminasi ini diikuti sebanyak 30 orang peserta yang terdiri dari sejumlah organisasi perangkat daerah (OPD), camat se-Payakumbuh, unsur kepolisian, kejaksaan dan pengadilan negeri, tokoh masyarakat yang terdiri dari LKAAM, bundo kanduang, karang taruna, LPM, serta sejumlah LSM lainnya.

Kegiatan diseminasi HAM ini dimaksudkan untuk membudayakan nilai-nilai HAM bagi aparatur negara, aparatur penegak hukum dan masyarakat. Dan bertujuan untuk memberikan pemahaman HAM kepada aparatur Negara, aparatur penegak hukum dan masyarakat agar penghormatan, pemajuan, pemenuhan, perlindungan dan penegakan HAM dapat berjalan sebagaimana mestinya.

Asisten I Yoherman dalam sambutannya menyatakan bahwa kegiatan ini adalah kesempatan baik bagi aparatur dan masyarakat untuk memahami HAM lebih baik lagi. Apa dan bagaimana HAM itu diberlakukan dan diperlakukan oleh semua pihak.

“Kita tahu bahwa masyarakat kita telah mengenal HAM dalam kehidupan sehari-hari, seperti hak untuk hidup, hak mengeluarkan pendapat dsb, namun masih banyak yang belum memahami HAM secara keseluruhan. Oleh sebab itulah kita bersyukur hari ini bisa mengikuti kegiatan diseminasi ini dan mudah-mudahan setelah acara ini, kita dapat memahami HAM dan membantu meminimalkan pelanggaran HAM dalam kehidupan sehari-hari nanti,” ungkap Yoherman.

Kegiatan yang berlangsung selama sehari ini menyajikan materi tentang Pelayanan Komunikasi Masyarakat (Yankomas) sebagai Upaya Penyelesaian Dugaan Pelanggaran HAM yang Terjadi di Masyarakat, dan Implementasi RANHAM di Provinsi Sumatera Barat Berdasarkan Perpres Nomor 75 Tahun 2015 tentang Rencana Aksi Nasional Hak Azazi Manuasia (RANHAM), dengan narasumber Desmaniar dan Mainofri dari Kanwil Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Barat. (esa tegar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here