Ke Banda Aceh, Puluhan Petani Payakumbuh bakal ikuti ini..

0
56

Payakumbuh, Dekadepos.com

Puluhan petani di Kota Payakumbuh bakal mengikuti Pekan Nasional Kontak Tani dan Nelayan Andalan (Penas KTNA) XV tahun 2017 yang digelar di Banda Aceh pada 6 – 11 Mei. Asisten II Amriul mewakili Walikota Payakumbuh secara resmi melepas 51 orang tersebut. Pelepasan berlangsung di Aula Balaikota lantai III, Rabu (3/5). Rombongan yang terdiri dari petani, pelaku usaha tani, dan instansi terkait. Turut hadir dalam pelepasan kontingen tersebut Anggota DPRD Kota Payakumbuh Chandra Setipon, Kadis Pertanian Syahril, Sekdis Pertanian Antoni Jaya, serta peraih Pelopor Ketahanan Pangan Nasional, Joni Saputra.

Pekan Nasional yang juga berisi gelaran pameran agribisnis ini rencananya bakal dibuka langsung oleh Presiden Jokowi. Acara tiga tahunan ini akan berlangsung selama 6 – 11 Mei 2017 dan akan dipusatkan di Stadion Harapan Bangsa kota Banda Aceh. Penas kali ini mengusung tema ‘Melalui PENAS Petani dan Nelayan XV 2017 kita mantapkan kelembagaan tani nelaya dan petani hutan sebagai mitra kerja pemerintah dalam rangka kemandirian, ketahanan dan kedaulatan pangan menuju kesejahteraan petani nelayan Indonesia’.

“Kepada kontingen, Pemko Payakumbuh berharap agar bisa memaksimalkan kegiatan Penas ini. Dimana, dalam kegiatan tersebut akan ditemui berbagai inovasi, informasi, dan motivasi yang bisa diambil dan diterapkan di Kota Payakumbuh. Sehingga, peningkatan kualitas dan kesejahteraan petani payakumbuh juga bisa dilakukan,” kata Amriul.

Dikatakan, sebagai salah satu kegiatan nasional yang mempertemukan banyak petani, pelaku usaha tani dan instansi yang berkaitan dengan pertanian, tentunya bisa digunakan oleh peserta kontingen untuk menyerap ilmu sebanyak-banyaknya. Nantinya, sepulang dari kegiatan itu, para peserta kontingen bisa berbagi cerita dan pengalaman dengan para petani-petani lain di kota Payakumbuh. “Ilmu dan pengalaman ini bisa diterapkan oleh petani lainnya yang tergabung dalam kelompok tani. Hal ini akan berbanding lurus dengan peningkatan perekonomian petani,” ujar Amriul lagi.

Disamping itu, menurut Syahril, Kadis Pertanian Payakumbuh, Pekan Nasional ini merupakan forum pertemuan petani-nelayan dan hutan sebagai wadah kegiatan belajar mengajar, tukar menukar informasi dan pengalaman. “Selain itu guna pengembangan kemitraan dan jejaring kerja sama antara para petani-nelayan dan hutan, peneliti, penyuluh, swasta dan pemerintah,” ujar Syahril.

Melalui jalan darat, rombongan sendiri akan bertolak menuju Banda Aceh pada hari Kamis (4/5). “Rombongan akan melintasi Provinsi Riau serta Sumatera Utara. Diperkirakan selama 2 hari di perjalanan. Semoga bisa sampai tepat waktu dan selamat sampai tujuan,” tutup Syahril. (Esha Tegar).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here