Kebakaran Hanguskan Rumah Warga Napar

0
26

Payakumbuh, Dekadepos.com

Peristiwa kebakaran kembali menghanguskan sebuah rumah warga di Kelurahan Napar, Kecamatan Payakumbuh Utara, Kota Payakumbuh, pada Kamis 26 April 2018. Peristiwa tersebut diketahui terjadi sekitar pukul 09.50 Wib. Rumah kayu milik Yenti (47) yang terletak di Jalan Prof. Hamka ludes dilalap sejago merah.

Masyarakat yang mencoba membantu memadamkan api sebelum Mobil Damkar sampai dilokasi, tidak mampu menjinakkan api disebabkan kayu bangunan rumah sudah kering dan mudah terbakar. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu, hanya kerugian materi akibat barang-barang milik Yenti hangus dilalap sijago merah.

Awalnya sekitar pukul 09.50 Wib, masyarakat melihat gumpalan asap tebal hitam keluar dari rumah milik Yenti. Tidak berselang lama, warga mendengar ledakan, dan masyarakat sekitar lansung menuju lokasi rumah Yenti. Warga terpaksa membuka paksa pintu rumah Yenti akibat terkunci. Sedangkan Yenti sendiri tidak berada dirumah, dia dikabarkan sedang berjualan kepasar.

“Iya, memang ada Kebakaran, dari keterangan warga sekitar, korban Yenti saat kejadian sedang berjualan kepasar, sehingga masyarakat terpaksa membuka paksa pintu rumahnya guna menyelamatkan barang-barang milik Yenti,” sebut Kasat Pol PP dan Damkar Kota Payakumbuh, Devitra disampikan Kasi Damkar Ahdion, kepada wartawan.

Disebutkan Ahdion, rumah kayu milik Yenti berada dipemukiman yang padat. Takut api merembes kerumah lainnya yang berdekatan, tetangga sekeliling rumah Yenti juga mengeluarkan barang-barang miliknya. Sedangkan pemuda dan masyarakat lainnya bersama-sama mencoba memadamkan api dengan mengunakan ember untuk mengangkut air dari kolam terdekat dari lokasi kebakaran sebelum damkar sampai.

Tidak berselang lama beberapa unit mobil damkar sampai dilokasi, dan berhasil menjinakkan api agar tidak merember kerumah lainnya yang saling berdekatan dengan kobaran api. “Memang rumah korban tidak bisa diselamatkan dari kobaran api, karena api dengan cepat membesar. Namun kita berhasil memadamkan api dan mencegah api supaya tidak merembes kerumah sebelah yang berdekatan,” sebut Kasat.

Berselang dua jam tepat pukul 11.55 Wib, dikelurahan Napar juga terjadi kebakaran, yang bersumber dari kompor gas, dirumah milik Zal (46). Berkat bantuan masyarakat dan kerjasama yang baik dengan Damkar, api cepat dipadamkan sehingga tidak merembes kerumah lainnya. (Est)