Kebakaran Lahan Gambut serta Rumpun Bambu Cemaskan Warga

0
116
lahan gambut dengan pemukiman warga di Jorong Lubuak Limpato, Nagari Tarantang, Kecamatan Harau, Kabupaten Limapuluh Kota, terbakar.

 

PAYAKUMBUH, dekadepos.com –

Kemarau yang terjadi beberapa pekan ini, telah mendatangkan sejumlah peristiwa kebakaran di wilayah Kota Payakumbuh. Setidaknya, dalam catatan media ini, selama bulan Januari 2018 ini, sedikitnya telah terjadi beberapa kali peristiwa kebakaran baik rumah, toko dan kendaraan yang dampaknya merugikan masyarakat.

Minggu (28/1) sekira pukul 10.42 Wib, warga Kelurahan Padang Tangah, Kecamatan Payakumbuh Barat, Kota Payakumbuh, dicemaskan pula dengan terjadinya peristiwa kebakaran lahan dan rumpun bambu yang tidak begitu jauh dari pemukiman masyarakat setempat.

Menurut warga , meskipun yang terbakar hanya lahan dan setumpuk rumpun bambu, namun jika saja petugas Pemadam Kebakaran (Damkar) Pemko Payakumbuh tidak sigap mengatasi kobaran api, akan berdampak kepada ancaman terjadinya kebakaran terhadap rumah penduduk yang berada disekitar lokasi.

kebakaran lahan dan rumpun bambu cemaskan warga.

Kasat Pol PP dan Damkar Pemko Payakumbuh, Devitra melalui Kasi Pencegahan dan Operasinal Damkar Payakumbuh, Ahdion, kepada rekan-rekan media mengungkapkan bahwa, setelah pihaknya menerima laporan dari masyarakat terjadinya kebakaran lahan dan rumpun bamboo tersebut, sedikitnya 2 unit armanda Damkar dibantu 1 unit Damkar milik Pemkab Limapuluh Kota diturunkan untuk menyinakan api yang telah menghaguskan lahan dan rumpun bambu.

“ Kebakaran lahan dan rumpun bambu itu berhasil kita atasi setelah 2 unit armanda Damkar dibantu 1 unit Damkar milik Pemkab Limapuluh Kota diturunkan untuk menyinakan api. Jika warga setempat tidak cepat memberikan laporan kita khawatir api yang membakar lahan dan runpun bamboo akan terus meluas dan mengancam membkar rumah warga yang pada penduduk itu,” sebut Kasi Pencegahan dan Operasinal Damkar Payakumbuh, Ahdion yang turun langsung memimpin operasi pemadaman bersama Kasat Pol PP dan Damkar Pemko Payakumbuh, Devitra di lokasi terjadinya peritsiwa kebakaran.

Kasat Pol PP dan Damkar Pemko Payakumbuh, Devitra dan Kasi Pencegahan dan Operasinal Damkar Payakumbuh, Ahdion, mewanti-wanti kepada segenap warga untuk berhati-hati terhadap ancaman kebakaran yang mungkin terjadi dilingkungan tempat tinggal masing-masing.

“ Menghadapi musim kemarau saat ini, warga diminta agar tidak melakukan pembakaran sesukanya, apalagi jika melakukan pembakaran terhadap lahan atau tumpukan sampah, diminta untuk mengawasinya agar tidak berdampak terjadinya kebakaran yang dapat mengancam keselamatan orang lain,” pungkas Kasat Pol PP dan Damkar Pemko Payakumbuh, Devitra melalui Kasi Pencegahan dan Operasinal Damkar Payakumbuh, Ahdion.

Setelah berhasil memadamkan api yang membakar lahan dan rumpun bambu, 1 unit damkar milik Pemkab Limapuluh Kota dan 1 unit Damkar milik Pemko Payakumbuh, Minggu (28/1) sekira pukul 17.50 Wib juga berjibaku memadamkan api yang membakar lahan gambut yang dekan dengan pemukinan penduduk di Jorong Lubuak Limpato, Nagari Tarantang, Kecamatan Harau, Kabupaten Limapuluh Kota. (est)