Kebutuhan Darah di Payakumbuh Capai Belasan Kantong Perhari

0
76

Payakumbuh, Dekadepos.com

Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Payakumbuh, Elzadaswarman mengatakan bahwa kebutuhan darah di Kota tersebut mencapai belasan Kantong perharinya, kebutuhan tersebut paling banyak untuk pasien yang tengah dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. Adanaan WD Payakumbuh serta Rumah Sakit Islam (RSI) Ibnu Sina. Namun jumlah tersebut diwaktu-waktu tertentu bisa mencapai 20 kantong perharinya.

Mereka yang membutuhkan darah tersebut adalah pasien yang akan menjalani operasi. Sementara untuk golongan darah yang paling banyak dibutuhkan oleh masyarakat/pasien adalah golongan darah A, meski golongan darah lainnya juga banyak dibutuhkan.

Baca juga : http://www.dekadepos.com/puluhan-kantong-darah-terkumpul-dari-aksi-donor-darah-ala-pmr-sma-2-payakumbuh/

“ Untuk Kebutuhan Darah di Kota Payakumbuh perharinya bisa mencapai 10 hingga 12 kantong. Jumlah tersebut untuk memenuhi kebutuhan masyarakat/pasien yang akan menjalani operasi, baik dirumah sakit Pemerintah maupun Rumah Sakit Swasta.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh itu juga menambahkan, untuk pemenuhan kebutuhan darah itu berasal dari Keluarga Pasien yang akan menjalani operasi dan dari donor sukarela. PMI juga terus berusaha agar kebutuhan Darah di Payakumbuh bisa terpenuhi, sehingga tidak ada lagi keluarga Pasien yang kesulitan dalam memenuhi kebutuhan darah saat akan menjalani operasi bagi keluarga mereka.

Ia juga menghimbau bagi masyarakat yang ingin menjadi pendonor sukarela untuk datang langsung ke Unit Tranfusi Daerah (UTD) Rumah Sakit Dr. Adnaan WD Payakumbuh. (Est)