Kecamatan Payakumbuh Tampil Memukau Pada Pekan Budaya 2017

0
26

Limapuluh Kota, Dekadepos.com

Utusan Kecamatan Payakumbuh yang diwakili Nagari Taeh Baruah tampil memukau pada pawai budaya yang diselenggarakan Pemerintah Kabupaten Limapuluh Kota dalam rangka Hari Jadi Ke  176 Pemerintahan Kabupaten Limapuluh Kota, Sabtu (22/04). Barisan Kecamatan Payakumbuh yang dipimpin langsung Camat Payakumbuh Aimel Nazra dan Wali Nagari Taeh Baruah Safri Dt Pangulu Rajo menampilkan prosesi adat dengan tema “Mauluan Tujuah”.

Saat sampai di panggung kehormatan, kemeriahan pun semakin nampak. Sebanyak 22 orang yang terdiri dari unsur PKK dan Bundo Kanduang, tampil apik dengan dialek khas Taeh Baruah yang berbalut pantun-pantun jenaka, sontak membuat seluruh para hadirin dan undangan VIP terkesima riuh seketika. Wali Nagari Taeh Baruah Safri menuturkan, “Mauluan Tujuah” merupakan prosesi adat Nagari Taeh Baruah apabila seorang menantu telah mengandung anak pertama yang telah memasuki usia kehamilan 7 bulan, maka mertua akan mengantarkan berbagai macam buah-buahan dan perlengkapan bayi ke rumah menantu dengan harapan calon anak lahir dengan keadaan sehat jasmani dan rohani”.

Lebih lanjut Sarfi mengatakan, “Pawai Budaya merupakan salah satu bentuk partisipasi terhadap kegiatan-kegiatan di Kabupaten. Tolak ukur nya bukanlah pada meraih juara atau tidaknya pada acara itu, tetapi bagaimana menanamkan nilai-nilai kebudayaan pada masyarakat agar tidak punah di era globalisasi ini, ucapnya”.

Saat ditemui media ini, Camat Payakumbuh sangat mengapresiasi dan bangga atas partisipasi dan semangat dari Kecamatan payakumbuh. “Kami sangat mengapresiasi dan bangga atas partisipasi dan semangat dari kecamatan payakumbuh, semoga dengan kegiatan ini Kabupaten Limapuluh Kota akan lebih dikenal”. Dalam kesempatan itu, Bupati Limapuluh Kota Irfendi Arbi Juga mengucapkan terimakasih atas partisipasi semua pihak yang telah menyukseskan acara ini, dan sekaligus  menghimbau panitia penyelenggara agar selalu berkoordinasi dengan pihak TNI/Polri agar pengunjung merasa aman dan nyaman menikmati pekan budaya di Limapuluh Kota.

“saya mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah menyukseskan acara ini, untuk itu saya juga menghimbau kepada penitia untuk selalu berkordinasi dengan TNI/Polri agar pengunjung merasa nyaman menikmati suasana pekan budaya di Limapuluh Kota”. Ucap Irfendi.

Adapun Pekan Budaya Kabupaten Limapuluh Kota ini digelar mulai dari tanggal 22 sampai 27 April  2017 di Komplek kantor Bupati Bukik Limau, Sarilamak, dengan tema “kita lestrikan budaya untuk jati diri bangsa”. (Esha Tegar).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here