Kejahatan Narkoba Kian Marak, Semua Elemen Harus Tingkatkan Kepedulian

0
401

Payakumbuh. Dekadepos.com

3

Kejahatan penyalahgunaan Narkoba, kian hari kian marak. Mereka yang tersandung (berurusan dengan Narkoba) juga semakin beragam, tak peduli remaja, ABG, yang telah lanjut usia ataupun yang sebelumnya pernah dibui karena menjual/memakai ataupun menjadi kurir. Tiap hari, berita-berita penangkapan terus mewarnai layar televisi, media cetak ataupun media online. Mereka yang ditangkap juga beragam, pejabat publik, pedagang, lansia maupun ibu Rumah tangga.

Bahkan baru-baru ini, publik di tanah air dikejutkan dengan penangkapan penyanyi dangdut Ridho Rhoma yang merupakan putra Raja Dangdut Rhoma Irama. Ia diduga telah lama menjadi pencandu Narkoba jenis sabu-sabu. Peredaran dan penyalahgunaan Narkoba jenis serbuk kristal itu kian hari kian memuncak, bahkan beberapa waktu lalu, Satresnarkoba Polres Payakumbuh menangkap pasangan suami istri (Pasutri) lanjut usia yang diduga sebagai pengedar dan pemakai Narkoba jenis sabu-sabu. Dari penangkapan itu, tim Opsnal yang dipimpin langsung Kasat Resnarkoba, Iptu. Hendri Has berhasil mengamankan sejumlah paket sabu-sabu, plastik pembungkus serta timbangan digital.

7

Peredaran dan penyalahgunaan Narkoba jenis sabu-sabu bahkan disebut-sebut mengalahkan peredaran Narkoba lainnya seperti ganja kering. Sebab dari beberapa kali penangkapan yang dilakukan Polisi (Polres Payakumbuh & Kab. 50 Kota) barang bukti sabu-sabu selalu memdominasi. Menurut salah seorang pengedar yang beberapa lalu ditangkap anggota Opsnal Polres Payakumbuh, Narkoba jenis ganja kering kian sulit didapat, sementara Narkoba jenis sabu-sabu yang harga per paket kecilnya cukup mahal, tidaklah terlalu sulit didapat, apalagi ” Pasokan ” barang haram itu dari daerah Barulak Kabupaten Tanah Datar tidak pernah putus.

Kapolres Payakumbuh, AKBP. Kuswoto melalui Kasatresnarkoba, Iptu. Hendri Has, menyebutkan bahwa hingga triwulan pertama tahun 2017 ini, pihaknya berhasil mengungkap belasan kasus Narkoba dengan jumlah barang bukti (bb) juga cukup signifikan dibandingkan tahun tahun sebelumnya. ” Memang peredaran Narkoba jenis sabu-sabu terus mengalami peningkatan, hal tersebut terlihat dari beberapa kasus yang berhasil kita ungkap. Tentu kita berharap kepedulian semua elemen/lapisan masyarakat agar peredaran dan penyalahgunaan Narkoba bisa ditekan”. Sebutnya Selasa (28/3).

5

Hal yang sama juga diungkapkan oleh anggota DPRD Propinsi Sumbar, Darman Sahladi, menurut mantan Pimpinan DPRD Kabupaten Lima Puluh Kota itu, Narkoba telah masuk kesemua lapisan, profesi ditengah-tengah masyarakat, baik di Kota, Kelurahan, sekolah, dunia kerja maupun ke jorong-jorong. ” Kondisi ini tentu harus menjadi perhatian dan kepedulian kita bersama, sebab penyalahgunaan Narkoba sudah sangat mengkhawatirkan, seperti baru baru ini di daerah Kabupaten Lima Puluh Kota, pasutri lanjut usia ditangkap karena mengedarkan dan memakai Narkoba”. Sebutnya.

1

Darman juga menambahkan, Kedepan kita semua harus mewaspadai setiap orang dengan gerak-gerik yang mencurigakan disebuah tempat, sebab bisa saja ia adalah pengedar Narkoba. Dan yang terpenting adalah masyarakat harus kian peduli dan melaporkan jika mengetahui adanya penyalahgunaan atau peredaran gelap Narkoba didaerahnya. (Esha Tegar).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here