Kekeringan, Petani Pakan Sinayan Alihkan Lahan Sawah Jadi Kebun Jagung

0
103
Ipo (38) Salah Seorang Petani yang tengah mencangkul lahan pertanian yang kekeringan

Payakumbuh, Dekadepos.com

Akibat kekeringan yang terus terjadi, Kelompok tani Sawah Kareh, di Kelurahan Pakan Sinayan, Kecamatan Payakumbuh Barat, sudah tiga tahun tidak bercocok tanam padi. Hal itu disebabkan tidak adanya pasokan air. Dulu hasil padi Sawah Kareh terbaik se-Kota Payakumbuh. Sejak saluran irigasi yang biasanya mengaliri sawah 25 orang petani dengan luas lahan lebih kurang 30 hektare ini tidak baik lagi, areal sawah kareh kini hanya bisa ditanami jagung dan ubi-ubian. Sebahagian lain, hanya ditumbuhi batang duri.

Bila musim penghujan barulah para petani Sawah Kareh mulai Mengola lahannya untuk ditanami jagung atau ubi. Sebab, saat panas tanah retak dan keras. Kemudian sumber air untuk menyiram tanaman juga tidak ada sama sekali. “Sudah tiga tahun kami begini. Apa yang kami tanam sering tidak menghasilkan dan yang ada hanya rugi. Karena kami hanya bisa mengolah tanah saat hujan mulai turun, tanah yang awalnya keras kena hujan jadi lunak. Tapi tanaman jagung dan ubi yang ditanam sering tidak memberikan hasil yang baik,” sebut salah seorang petani Sawah Kareh, Ipo kepada wartawan, kemarin dibawahnya.

Disampaikannya, kekeringan Sawah Kareh membuat daerah hilirnya diareal persawahan lainnya seperti di daerah Rawang panjang, ikut kekeringan. Kondisinya juga tidak jauh berbeda dengan areal Sawah Kareh.
Akibat lama mengalami kekeringan, sehingga membuat burung-burung ramei mencari makan. Akibatnya tidak jarang benih bibit jagung yang ditanam dimakan burung sehingga tidak tumbuh. Belum lagi penyakit seperti hama dan binatang pengerat seperti tikus yang lumayan ganas.

“Sebenarnya dulu airnya lancar, tetapi sejak ada proyek dialirkan bandanya sehingga putus. Airnya dari Piladang, Limapuluh Kota, sejak di Pombensin Ngalau putusnya, lebih kurang sekilolah. Jadi kami sudah berkali-kali menyampaikan ini kepada Pemerintah tapi nasibnya ya begini terus,” sebutnya.

Dia berharap agar Pemerintah memperbaiki saluran irigasi yang rusak itu, sehingga air bisa kembali sampai kepada petani di sawah kareh. “Harusnya didam oleh Pemerintah saluran irigasinya. Kalau tidak ya akan begini terus, sawah ini tidak akan bisa ditanami padi, dan kalaupun ditanam jagung atau ubi juga tidak memberikan hasil maksimal kepada petani,” harapnya pemerintah Kota membangun irigasi untuk sawah kareh, agar petani bisa kesawah lagi. (Est)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here