Keluarga Miskin Payakumbuh Terima PKH Kemensos RI

0
113
Menteri Sosial Republik Indonesia diwakili Kepala Balai Besar Pendidikan dan Pelatihan Kesejahteraan Sosial (BBPPKS) Regional I Sumatera, DR. Abdul Hayat, M.Si meluncurkan penyaluran bantuan non tunai Program Keluarga Harapan (PKH)

Payakumbuh, Dekadepos.com 

Menteri Sosial Republik Indonesia diwakili Kepala Balai Besar Pendidikan dan Pelatihan Kesejahteraan Sosial (BBPPKS) Regional I Sumatera, DR. Abdul Hayat, M.Si meluncurkan penyaluran bantuan non tunai Program Keluarga Harapan (PKH) di Kota Payakumbuh pada Rabu (23/8) pagi, di halaman komplek kantor pemko Payakumbuh, Poliko. Peluncuran penyaluran bantuan non tunai PKH tersebut dibuka dengan Tari Pasambahan, persembahan dari anak berprestasi Panti Sosial Bina Rungu Wicara Luak Nan Bungsu Kota Payakumbuh, dan dihadiri oleh Walikota Payakumbuh diwakili Asisten III Iqbal Bermawi. Turut hadir Forkopimda Kota Payakumbuh, Kepala Dinas Sosial Idris, Pimpinan BRI Cabang Payakumbuh Hendra Winata, seluruh pendamping, operator dan Keluarga Penerima Manfaat (KPM) PKH serta sejumlah undangan lainnya.

Dalam sambutan yang disampaikan oleh DR. Abdul Hayat, M.Si, Menteri Sosial Republik Indonesia, Dra. Hj. Khofifah Indar Parawansa, M.Si, menyampaikan bahwa kegiatan penyaluran bantuan sosial non tunai PKH tahun 2017 merupakan bagian dari proses pelaksanaan PKH. PKH diharapkan memberikan kontribusi dalam penurunan angka kemiskinan hingga 5-6 % pada Tahun 2019 nanti. Sementara itu, Walikota Payakumbuh dalam sambutan yang disampaikan oleh Asisten III Iqbal Bermawi menyampaikan bahwa Pemerintah Kota Payakumbuh sangat menyambut baik Program Keluarga Harapan dan berharap semoga PKH ini dapat menjembatani hubungan antara pemerintah pusat dengan daerah untuk mensejahterakan masyarakat, khususnya keluarga yang sangat miskin yang ada di Kota Payakumbuh.

Walikota menyebutkan bahwa di Kota Payakumbuh terdapat 2.642 KPM PKH yang tersebar di lima kecamatan, dengan rincian; Kecamatan Payakumbuh Barat 845 KPM, Kecamatan payakumbuh Timur 417 KPM, Kecamatan Payakumbuh Utara 632 KPM, Kecamatan Payakumbuh Selatan 342 KPM dan Kecamatan Lamposi Tigo Nagori sebanyak 406 KPM. Di penghujung sambutan, Walikota melalui Asisten III Iqbal Bermawi menghaturkan terima kasih kepada Tim dari Kementerian Sosial RI, beserta seluruh jajaran BRI Cabang Payakumbuh, pendamping dan Operator PKH yang telah ikut andil dalam menyukseskan penyaluran PKH di Kota Payakumbuh.

Dalam acara peluncuran penyaluran bantuan non tunai Program Keluarga Harapan (PKH) tersebut, Menteri Sosial dan Walikota Payakumbuh menyerahkan bantuan secara simbolis, berupa bantuan perlengkapan sekolah kepada 10 anak PKH Berprestasi  dan  bantuan Sembako kepada 10 PKH yang berasal dari beberapa kelurahan di Kota Payakumbuh. Disamping itu, Menteri Sosial dan Walikota Payakumbuh juga menyerahkan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) kepada 10 orang perwakilan PKH secara simbolis.

Usai penyerahan bantuan dan KKS, Menteri Sosial dan Walikota Payakumbuh meninjau langsung pelaksanaan simulasi proses pencairan dana bantuan yang diperagakan oleh jajaran BRI Cabang Payakumbuh. (Est).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here