Kepala Jorong, Corong Pembangunan Nagari

0
77

LIMAPULUH KOTA,dekadepos.com-

Kepala Jorong adalah corongĀ  pembangunanan nagari di Kabupaten Limapuluh Kota, karena kepala Joronglah yang paling dekat dengan masyarakatnya. Untuk itu, menjabat sebagai kepala Jorong perlu komitmen kuat dalam kemajuan pembangunan daerah.

Hal ini diungkapkan, Walinagari Harau, Sukriandi ketika melantik kepala-kepala Jorong di Kenagarin sekaligus pencanangan kampung KB Kabupaten Limapuluh Kota di kenagarian tersebut, kemarin. Menurutnya, melalui Kepala Joronglah nantinya walinagari mendapat informasi dan kondisi masyarakat di masing-masing Jorong,

Untuk itu, khusus di Kecamatan Harau ini, jabatan Kepala Jorong dipilih secara seleksi, sehingga orang-orang yang dipercaya sebagaiĀ  kepala-kepala Jorong ini benar-benar yang peduli terhadap pembangunan di masing-masing Jorong.

“Perlu kerjasama antar Jorong dengan walinagari, sehingga terjadi pemerataan pembangunan di Kenagarian Harau. Mewujudkan hal ini, kita lakukan musyawarah dengan masyarakat setempat dalam memilih kepala-kepala Jorong,”ujarnya.

Dari hasil musyawarah dan seleksi ketat itu, akhirnya terpilih 5 orang terbaik yang menjabat sebagai kepala-kepala Jorong di masing-masing nagari. Mereke adalah, Hartendi yang dipercaya menjabat sebagai kepala Jorong Harau, Hardi Yuda menjabat sebagai kepala Jorong Padang Tarok, kemudian Yendra M Nedi dipercaya sebagai kepala Jorong Landai, dan M Nur Iqbal yang dipercaya sebagai kepala Jorong Sungai Datar.

“Kita berharap kepala Jorong terpilih ini, bisa menjalankan tugas dan kewajiban dengan baik sebagai aparat pemerintahan Nagari Harau,”tambahnya.

Dijelaskannya, ada beberapa Pakta yang mesti dilaksanakan, diantaranya, melaksanakan tugas dan tanggung jawab sesuai tupoksi masing-masing pemerintahan nagari secara bersungguh-sungguh, disiplin dan bertanggung jawab.

“Dalam melaksanakan tugas diharapkan bersikap Loyal dan patuh terhadap walinagari sebagai pimpinan dan petunjuk dan kebijakan walinagari sebagai acuan normatif dalam pelaksanaan tugas dan tanggung jawab pekerjaan,”tulisnya.

Sementara itu, bupati Limapuluh Kota, Irfendi Arbi dalam sambutannya mengapresiasi pemilihanĀ  kepala Jorong yang dilakukan secara musyawarah oleh masyarakat Kenagarian Harau. “Mudah-mudahan kepala jorong yang bertugas dapat mengemban tugas dengan baik, seperti kita ketahui Harau adalah icon Limapuluh Kota, untuk itu komitmen dan kerja keras setiap lini diperlukan dalam mewujudkan Harau yang mendunia.”ujarnya.

Dirinya juga berharap, kepala jorong yang diberi amanah oleh masyarakat ini selalu turun kebawah meninjau kondisi yang terjadi di tengah masyarakat. “Sebagai garda depan masyarakat, kepala Jorong wajib tahu tentang kondisi masyarakatnya begitu terhadap pembangunannya. Untuk itu, kita ucapkan selamat kepada kepala Jorong terpilih, marilah kita satukan komitmen dalam embangun kabupaten Limapuluh Kota yang lebih baik lagi,”pungkasnya.

Ikut Hadir, Kepala Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPKB-P3A), Yenni Elvi, Camat Harau, Deki Yusman, PKK Nagari Harau, Dina Resti Amanda, tokoh masyarakat beserta masyarakat se kenagarian Harau. (est)