Kepepet Biaya Kuliah, Calon Guru Nekad Curi Motor

0
45

Payakumbuh, Dekadepos.com

Mengaku tengah membutuhkan uang untuk biaya kuliah dan membayar uang kos, Seorang Mahasiswa disebuah Perguruan Tinggi Swasta di Payakumbuh nekad melakukan aksi pencurian sepeda motor di sejumlah tempat. Tersangka JS (25) tinggal di Kelurahan Padang Tangah Koto Nan IV dan Jalan Jeruk Kelurahan Labuah Basilang, ia dibekuk usai melakukan pencurian disebuah tempat parkiran di pusat Kota, persisnya di dekat RM. Asia Baru.

Saat itu, Minggu (12/2) sekitar pukul 14.00 Wib korban Novi (38) warga Kubang Kecamatan Guguak Kabupaten Lima Puluh Kota hendak membeli suatu keperluan, usai memarkir kendaraan BA 4199 CD tanpa stang dikunci. Korban lantas memasuki pasar untuk membeli suatu keperluan, namun tak berselang lama, ia tak lagi melihat kendaraan jenis Vario hitam miliknya terparkir. Sekian lama mencari, akhinrya Novi melaporkan kejadian itu pada piket Polres Payakumbuh.

” Sepeda motor saya memang saat diparkir stangnya tidak dikunci, sebab itudiminta Tukang parkir. Sekitar 15 menit saya tinggal, saat kembali kendaraan dan helmnya sudah tidak ada” sebut Novi di Mapolres Payakumbuh, Senin(13/2).
Usai menerima Laporan korban, Tim Opsnal Satreskrim Polres Payakumbuh mulai melakukan pencaharian sesuai ciri-ciri kendaraan korban. Termasuk melakukan pengecekan ke sejumlah tempat pembuat kunci duplikat. Dari keterangan salah seorangnya menyebutkan bahwa memang ada yang membuat kunci duplikat motor, pembuat kunci itu juga mengakui mengenal tersangka yang baru saja membuat kunci.
2

3

Bersama si pembuat kunci, anggota Satreskrim menuju ke kosan tersangka. Hingga tak berselang lama, tersangka yang merupakan Calon Guru itu dibekuk di kosannya di Padang Tangah dengan barang bukti 1 unit sepeda motor. ” Tersangka JS kita Bekuk di kosannya di Kelurahan Padang Tangah Kecamatan Payakumbuh Barat, dari penangkapan terhadap oknum Mahasiswa itu, semula kita hanya mengankan 1 unit sepeda motor. Dari pemeriksaan lanjutan, tersangka mengakui masih ada kendaraan hasil curian lainnya”. Sebut Kapolres Payakumbuh, AKBP. Kuswoto melalui Kasat Reskrim, Iptu. Wawan Dermawan didampingi KBO Reskrim, Iptu. Eldi Viarso, Senin siang (13/2) di Mapolres Payakumbuh.

Sementara tersangka JS saat menjalani pemeriksaan, menyebutkan bahwa ia nekad melakukan pencurian karena terdesak kebutuhan. ” Saya tengah membutuhkan uang untuk membayar biaya kuliah dan uang kos. Motor yang saya curi umumnya motor yang diparkir dalam keadaan stang tidak dikunci”. Ujarnya.

Ia juga menyebutkan, tiga motor lain yang ia curi di berbagai tempat, yakni di Toko Cahaya Kelurahan Parit Rantang, Di FIF Labuah Basilang serta di Pasar Payakumbuh.
Hingga kini, tersangka dan barang bukti 4 unit sepeda motor berbagai merek masih diamankan di Mapolres Payakumbuh Kawasan Labuah Basilang. (Esha Tegar).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here