Kesal tak Mendapat Perhatian Pemko, Warga Tanam Pisang di Badan Jalan

0
164

PAYAKUMBUH, dekadepos.com –

Kesal dengan sikap pemko Payakumbuh tak kunjung memberikan perhatian untuk perbaikan badan jalan yang berlobang dan mulai rusak parah, warga yang berada di daerah itu nekad menanam pohon pisang di badan jalan. Setidaknya, itulah yang dilakukan warga Kelurahan  Sicincin, Kecamatan Payakumbuh Timur, Kota Payakumbuh.

Menurut informasi dari warga setempat, penanaman pohon pisang di bdan jalan sebagai bentuk protes warga kepada Pemko Payakumbuh yang sampai saai ini belum juga memberikan perhatian terhadap badan jalan yang rusak parah. Padahal, jalan yang kaya lobang itu sudah mengundang bahaya terhadap pengguna jalan raya yang melintas di jalan itu.

“ Setidaknya, sudah ada 5 kali kendaraan roda 2 yang jatuh di jalan penuh lobang tersebut. Bahkan, bau-baru ini seorang pelajar SMA sempat mengalami patah tanga, karena kendaraan roda dua yang dibawanya terjatuh di badan jalan yang berlobang tersebut,” ungkap seorang ibu rumah tangga bernama Ledis ketika diminta komentarnya.

Ungkapan yang sama juga dilontarkan oleh Beni. Menurutnya, dia sudah sering menolong korban yang jatuh dari motornya ketika melintas di jalan yang penuh lobang itu. “Apalagi disekitar jalan yang rusak ini penerangan lampu jalan tidak ada,” ulas Beni.

Sementara itu Lurah Sicincin, Kecamatan Payakumbuh Timur, Kota Payakumbuh, Ilyas, ketika diminta komentarnya terkait mengakui bahwa pihaknya sudah melaporkan badan jalan yang rusak itu kepada Dinas Pekerjaan Umum (PU) Pemko Payakumbuh.

“ Namun, alasan pihak Dinas PU Payakumbuh badan jalan yang rusak itu adalah jalan propinsi. Bahkan, orang PU sudah 2 kali memotret jalan yang rusak tersebut. Namun, entah kenapa sampai kini badan jalan yang rusak tersebut belum juga diperbaiki,” ungkap Ilyas.

Diakui Ilyas, untuk mengatasi badan jalan yang rusak tersebut pemuda Kelurahan Sicincin sudah pernah mencor badan yang rusak tersebut dengan semen. Namun, cor semen tersebut tidak bertahan lama dan badan jalan itu rusak kembali.

“ Korban sudah banyak yang jatuh dijalan yang penuh lobang ini, apalagi pada malam hari tidak sedikit pengendara kendaraan bermotor roda dua yang jatuh dalam jebakan badan jalan yang kaya lobang itu. Harapan warga Kelurahan Sicincin, Dinas PU Propinsi Sumbar jangan mengulur-ulur waktu untuk memperbaiki jalan yang rusak ini. Warga tidak ingin banyak koban berjatuhan dibadan jalan yang penuh lobang ini,” pungkas Ilyas. (est)