Ketua Baznas, Desembri Chaniago, SH. MA:”Guru Wajib Keluarkan Zakat Profesi”

0
61

LIMAPULUH KOTA, dekadepos.com-

Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Limapuluh Kota kembali menggelar sosialisasi dan regulasi Baznas dihadapan guru-guru dan kepala sekolah di lingkungan Dinas Pendidikan Limapuluh Kota.
Sosialisasi tersebut berlangsung di SDN 01 Tanjungpati, Kecamatan harau, Selasa (2/5/, diikuti kalangan guru dibawah lingkungan UPT Dinas Pendidikan Kecamatan Guguak yang mendapatkan pencerahan tentang kewajiban membayar zakat.

Tidak kurang 110 orang guru, mulai dari TK, SD dan Ibtidaiyah, mengikuti penjelasan yang langsung disampaikan Ketua Baznas, Desembri Chaniago, SH. MA. Ikut hadir dalam sosialisasi itu, tiga orang Wakil Ketua, H. Jadi, H Nursal dan Hafnizal.

Dalam sosialisasi itu disampaikan , guru sebagai warga yang dimasukkan  kedalam pihak yang harus mengeluarkan zakat profesi.

“Jumlahnya 2.5 persen dari total pendapatan bulanan. Teorinya, jika seorang menerima pendapatan tetap sebanyak 85 gram emas. Maka jika dikalikan harga emas, Rp. 400.000 x 85, maka hasilnya Rp.34 juta, wajib mengeluarkan zakat sebanyak 2.5 persen setiap bulannya. Jumlahnya kisaran Rp.130.000 tiap bulannya, “kata Desembri.

Lantas muncul pertanyaan, bagaimana kalau  zakat diserahkan langsung oleh wajib zakat. “Sesuai dengan ajaran agama dan UU nomor. 23 tahun 2011 tentang Pengelolaan Zakat, maka zakat dikumpulkan dan dibagikan oleh Baznas. Nah, jika dibagi langsung, dikuatirkan tidak sampai tujuannya. Sebab, ajaran agama Islam, kepada orang yang dibawah tanggungan langsung, tidak dibenarkan diberikan zakat, tapi hanya bersifat sedekah. Maka jika dikuatirkan zakat yang dibagikan tidak sampai maksud dan tujuannya, akan lebih baik di kumpulkan dan disalurkan melalui Baznas, “jelas peraih gelar Magister Hukum Islam itu.

Rangkaian sosialisasi itu melanjutkan kegiatan yang sama. Sebelumnya juga telah digelar di UPT Kec. Harau (29/3/2017), UPT kec. Payakumbuh (20/4/2017), Politeknik Pertanian Payakumbuh (21/4/2017).

Dalam munggu yang sama juga digelar di UPT Kapur IX (25/4/2017), Akabiluru (26/4/2017), Lareh Sago Halaban (26/4/2017) dan UPT Luak pada 27 April lalu. (esha tegar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here