Ketua Komisi II DPRD Bukittinggi, : Jadikan Pawai Khatam Al-Quran Kalender Pariwisata

0
89

Bukittinggi. Dekadepos.com.

Ketua Komisi II DPRD Bukittinggi,Asril yang juga tokoh Masarakat Mandi angin bersama Ninik mamak dan Panitia pelaksana Khatam Al-Qur’an Masjid Syukra Mandiangin,kelurahan Cimpago Ipuah,Kec.Mandiangin Koto Selayan meminta kepada Pemko Bukittinggi melalui Dinas pariwisata pemuda dan Olah raga untuk dapat menjadian Pawai Khatam Al Quran yang diadakan di masjid Syukra masuk dalam event kalender tahunan Pariwisata religi Bukittinggi. Pasalnya,prosesi Khatam Al-Quran yang diadakan di masjid Syukra sedi kit unik dibandingkan dengan Khatam Al-Quran lainnya.Seperti Perayaan Kha tam Al-Quran tahun 2017 yang diadakan Minggu (14/5). Dimana Pawai yang diadakan menjadi tontonan tersendiri bagi warga kota dan pengunjung kota Bukittinggi.Karena Pawai menampilkan berbagai ragam kesenian dan budaya yang ada.

Menurut Asril yan didampingi,Ketua pelakana, Yon Afrizal dan Ninik ma mak Kurai, B.Dt Tinggi dan Y.Z.Dt Salubuak Agam mengatakan.Untuk Khatam Al Quran pada Masjid Syukra ,Mandiangin ini sudah 37 tahun mengadakan Peraya an Khatam Al Quran bersama.Dimana Empat Perguruan Al Quran yang ada di Mandiangin,MDTA Syukra,TPA Al-Firdaus,TPQ Nurul Qoriah dan Pondok Al Qaran Ja’ffar,untuk kegiatan Khatam Qurannya digabung jadi satu,sehingga menjadi kegiatan yang  cukup besar.ujar Asril.

Penggabungkan kegiatan itu merupakan keinginan Ninik mamak dan Pemuda serta masarakat sejak dulunya,karena empat Perguruan Al Quran itu memiliki lokasi yang berdekatan,kalau diadakan acara satu persatu tentu akan merepotkan panitia,karena panitianya orangnya itu itu juga untuk keempat perguruan tersebut.Begitu juga untuk sponsor,juga dari Donatur yang sama. Dengan dasar itulah kegiatan itu disatukan.ungkapnya. Menurut Asril,Dengan masarakat yang mejemuk di Mandiangin,dan dengan diadakannya Khatam Al Qjuran bersama ini,maka akan terjalin tali sila turahmi yang erat sesama warga,sekaligus tercipta komunikasi dan saling kenal sesama warga Campago Ipuah.ujar Asril .

Kemudian,Baik  Asril maupun B.Dt Tinggi maupun Y.Z Dt salubuak Agam sangat berharap kegiatan ini menjadi agenda kegiatan wisata religi kota Bukit tinggi.Sebab pada Pawai yang dilakukan setiiap Khatam AlQuran,khusus untuk Masjid Syukra ini menampilkan berbagai Kesenian Tradisionil,seperti pagelaran tari Pasambahan,Tari Tansa dan bentuk kesenian lainnya. “Dan kita mengharapkan kepada pemko Bukittinggi melalui Dinas pari wisata pemuda dan olahraga untuk dapat menjadikan Pawai Khatam Al Quran masjid Syukra ini dapat masuk dalam kalender event tahunan wsisata Bukitting gi ,terurama wisata Religi”,ujar Dt Tinggi menambahkan.

Sementara itu Ketua Panitia pelaksana Khatam Al Quran,Yon Afrizal pa da kesempatan itu menjelaskan,Prosesi Khatam Al Quran masjid Syukra ini di awali dengan penyembelihan hewan Sapi bantuan dari Asril Tokoh Masarakat setempat pada Jumat kemaren.Dan ini sebagai rasa sujud Syukur telah  tamat nya para anak didik membaca Al Quran.Sapi yang dipotong itu akan dimasak menjadi berbagai menu makanan,seperti Rendang,Kalio dagiang,Cancang dan yang lainnya. Kemudian Sapi yang telah diolah berbagai macam menu makanan itu di hidangkan pada makan bersama pada Puncak acara Khatam Al Quran,Minggu (14/5) .Sedikitnya kita menyediakan 3.500 porsi makan untuk masarakat dan tamu yang datang,ujar Yon Afrizal.

Dikatakan juga,pada Khatam Quran tahun ini diikuti 94 peserta yang ber asal dariMDTA Syukra,TPA Al-Firdaus,TPQ Nurul Qoriah dan Pondok Al Quran Ja’ffar. ( Edis/Aldo ).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here