Koalisi Kependudukan Kota Payakumbuh Dikukuhkan

0
95

Payakumbuh, Dekadepos.com

Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, dan Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kota Payakumbuh, melakukan pengukuhan pengurus Koalisi Kependudukan periode 2017-2020 bertempat di aula Dinas DP3AP2KB beberapa waktu lalu. Pengukuhan pengurus Koalisi Kependudukan dilakukan oleh Prof Rahmat Syahni selaku Ketua Koalisi Kependudukan Propinsi Sumatera barat dengan nomor SK 01/KP-SB/I/2017.

Pengukuhan juga dihadiri oleh Kepala DP3AP2KB Drs. Syahnadel Khairi, Kepala Bidang Pengendalian Penduduk BKKBN Propinsi Sumatera Barat Elfa Zumaini. Pengukuhan pengurus Koalisi Kependudukan ini merupakan salah satu langkah nyata dalam upaya menghadapi isu pengendalian penduduk dan upaya untuk menekan laju pertumbuhan penduduk di Kota Payakumbuh.

Dalam sambutannya, Kepala DP3AP2KB Drs. Syahnadel Khairi menyampaikan bahwa kepengurusan koalisi yang sudah terbentuk ini diharapkan dapat meningkatkan kemitraan, dan koordinasi lintas sektor dalam rangka mempercepat pelaksanaan dan mewujudkan keselarasan program pembangunan dari perspektif kependudukan. disamping itu koalisi kependudukan diharapkan dapat berperan aktif dalam memberikan bantuan kepada petugas lapangan KB (PLKB) agar meningkatkatkan kapasitas aparatur dan terbentuk kerjasama yang baik antara aparatur, mitra kerja, dan stakeholder dimasa yang akan datang melalui pembinaan, pelaksanaan Program / kegiatan, Monitoring dan evaluasi.

Prof. Rahmat Syahni sebagai Ketua Koalisi Kependudukan Propinsi Sumatera barat, dalam acara ini menyuarakan tentang pentingnya prinsip mitra kerja dalam pengendalian penduduk. Beliau menegaskan bahwa DP3AP2KB harus mampu dan tanggap dalam menjalin hubungan dan kerjasama yang baik dengan mitra kerja, karena tanpa mitra kerja peran dan fungsi DP3AP2KB tidak akan berjalan maksimal. Melalui pengukuhan ini diharapkan pembahasan, diskusi, dan pelaksanaan program dan kegiatan Kependudukan dapat ditingkatkan kuantitas dan kualitasnya sehingga pembangunan program kependudukan di Kota Payakumbuh dapat meningkat. Disamping itu hal ini juga akan berpengaruh kepada posisi Kota Payakumbuh secara khusus dan Propinsi Sumatera Barat pada umumnya dari segi masalah tingkat keberhasilan (pencapaian) pengendalian penduduk dan program kependudukan.

Kepengurusan Koalisi Kependudukan yang dikukuhkan terdiri dari unsur Ketua Risman Mansyur, Wakil Ketua H. Suratman Sayuti, Sekretaris Artati, dan Bendahara Fitriawati. Kepengurusan juga terdiri dari sembilan komisi dan satu sekretariat. Ketua Koalisi Kependudukan Risman Mansyur yang baru saja dikukuhkan dalam sambutannya menyatakan tekad dan optimisme dalam rangka memberikan dukungan, bantuan dan kerjasama dengan berbagai pihak stakeholder agar isu kependudukan dan dampak pengendalian penduduk di Kota Payakumbuh dapat di manajemen melalui Program Kependudukan. (Esha Tegar).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here