KODIM 0306/50 KOTA DAN PEMKAB HIJAUKAN KAWASAN KELOK 9

0
99
Bersama hijaukan bumi Indonesia

LIMAPULUH KOTA, dekadepos.com-

Kodim 0306/50 bersama dengan Pemkab Limapuluh Kota menggelar kegiatan penanaman pohon untuk penghijauan di daerah wisata Kelok 9, Nagari Hulu Aia, Kecamatan Harau, Kabupaten Limapuluh Kota, Senin (14/5).

Kegiatan penanaman penghijauan di wilayah wisata Kelok 9 dengan judul  “Pohon Andalas Macraura Mig Maskot Flora Sumatera Barat dan Penanaman Plot Konservasi-Edukasi Andalas” itu, dihadiri sekitar 75 undangan.

Bupati Limapuluh Kota diwakili Sekdakab Taufik Hidayat, SE, MH dalam pengarahannya menekankan bahwa, membudidayakan alam sesuai dengan kultur tanah dan alamnya yang hijau untuk menambah pesona alam Panorama Kelok 9.

Hakekatnya, ungkap Sekdakab Taufik Hidayat, SE, MH, menjaga lingkungan penghijauan merupakan tanggung jawab kita bersama serta digunakan seluas luasnya untuk kepentingan masyarakat.

“ Pengelolaan lingkungan hidup adalah upaya terpadu untuk melestarikan fungsi lingkungan hidup yang meliputi kebijaksanaan penataan, pemanfaatan, pengembangan, pemeliharaan, pemulihan, pengawasan, dan pengendalian lingkungan hidup,” ujar Sekdakab Taufik Hidayat, SE, MH.

Tegasnya, ulas Sekdakab Taufik Hidayat, SE, MH, setiap orang mempunyai hak untuk berperan dalam rangka pengelolaan lingkungan hidup. Setiap orang berkewajiban memelihara kelestarian fungsi lingkungan hidup serta mencegah dan menanggulangi pencemaran dan perusakan sendiri.

Manusia dalam memanfaatkan sumber daya alam akan menimbulkan perubahan terhadap ekosistem yang akan mempengaruhi kelestarian sumber daya alam itu sendiri. Pemanfaatan sumber daya alam yang melebihi ambang batas daya dukung lahan dan tanpa memperhatikan aspek kelestariannya akan mendorong terjadinya kerusakan lingkungan,” pungkasnya.

Hadir dalam kegiatan penanaman penghijauan di wilayah wisata Kelok 9 itu, Dandim 0306/50 Kota diwakili oleh Danramil 05/Harau, Mayor Inf Munawar, Kepala Dispora Kabupaten Limapuluh Kota Kota, Nengsih S.Pd, BKSD Sumbar, Edi Susilo, Kepala Dinas BPBD Limapuluh Kota, Joni Amir, Bamus Nagari Harau M Amin Datuak Majo Endah serta masyarakat setempat. (est)