Kominfo Sosialisasikan Siwarta Dan E-Kliping

0
45

Payakumbuh, Dekadepos.com

E-Kliping dan SiWarta, duo aplikasi yang mendukung transparansi informasi di Kota Payakumbuh, awal pekan lalu, di Aula Lantai 3 Balai Kota di Bukik Sibaluik, disosialisasikan ke seluruh Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) dan PPID Pembantu (PPIDP) se-Kota Payakumbuh oleh Bidang Kehumasan Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kota Payakumbuh.

Acara yang bertajuk Sosialisai dan Pemantapan Pejabat Pengelola Informasi Kota Payakumbuh Tahun 2017 tersebut, dibuka secara resmi oleh Sekretaris Daerah Kota Payakumbuh diwakili Asisten I Bidang Pemerintahan, Yoherman. Acara yang juga dihadiri oleh sejumlah pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) itu berjalan dengan baik.
Asisten I Yoherman, dalam sambutannya memberikan gambaran tentang pengelolaan data dan informasi setiap OPD dan arti pentingnya informasi bagi masyarakat saat ini di tengah arus globalisasi informasi yang cepat, transparan tanpa ditutup-tutupi. “Globalisasi disaat sekarang ini menuntut siapa saja untuk memberikan informasi secara terbuka dan cepat, untuk itu diperlukan tata kelola dari data dan informasi tersebut agar dapat dimanfaatkan oleh masyarakat dengan sebaiknya”, ujar Yoherman.

Acara yang berlangsung selama sehari tersebut menghadirkan narasumber Kepala Dinas Kominfo Kota Payakumbuh, Elvi Jaya, yang memberikan materi terkait Undang-Undang nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik, dan Henry Waluyo, Kabid Kehumasan Dinas Kominfo Kota Payakumbuh, menyajikan materi tentang Standar Operasional Prosedur (SOP) PPID, Aplikasi e-Kliping dan SiWarta.

Sementara itu Kadis Kominfo Elvi Jaya dan Kabid Humas Henry Waluyo menjelaskan tentang peran e-Kliping dan SiWarta dalam mempermudah pemohon atau pengguna informasi ketika hendak mengakses informasi tentang kegiatan Pemerintah Kota Payakumbuh dalam bentuk relis dan berita.

“Peningkatan jumlah pengguna Internet sekarang ini, memaksa kita untuk lebih kreatif dalam mengemas dan menyajikan informasi. Informasi yang tersaji secara real time tentunya lebih diminati masyaralat. Berangkat dari itulah kami berinisiatif menciptakan aplikasi e-Kliping dan SiWarta ini. Kedua aplikasi ini bisa diakses dimana saja dan kapan saja selama pengguna terhubung dengan jaringan Internet”, ulas Kadis Kominfo Elvi Jaya.
2. ACARA SOSIALISAI DAN PEMANTAPAN PPID KOTA PAYAKUMBUH DI BUKA OLEH ASISTEN I YOHERMAN
Kemudian Henry Waluyo menambahkan dan menjelaskan tentang SOP PPID dan bagaimana data dari masing-masing organisasi perangkat daerah di lingkungan pemerintah kota Payakumbuh dapat didistribusikan ke bidang humas dan nantinya dipublikasikan melalui website PPID Kota Payakumbuh di alamat http://ppid.payakumbuhkota.go. id serta dapat diakses oleh pengguna infromasi dimana pun mereka berada. (Esha Tegar).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here