Komisi B Minta RPH, TA, Pasar Ternak dan Pasar Rakyat Difungsikan dengan Baik

0
31

PAYAKUMBUH, dekadepos.com –
Menindaklanjuti hasil rapat kerja, anggota Komisi B DPRD Payakumbuh dibawah pimpinan Ketua Komisi, Chandra Setipon, melakukan kunjungan lapangan ke empat lokasi yakni, Rumah Potong Hewan (RPH) yang terletak di Kelurahan Nunang, Kecamatan Payakumbuh Barat, Terminal Agro (TA) dan Pasar Ternak di Payobasung, Kecamatan Payakumbuh Timur dan pembangunan Pasar Rakyat di Padang Kaduduak.

Didampingi Ketua Komisi B, Edwar DF, Wulan Denura, dan Hendri Wanto Dt. Mangkuto Marajo Nan Hitam, anggota Komisi B itu menilai bahwa ada beberapa hal yang harus dibenahi diempat objek yang berhasil dikunjunginya itu.

Di Rumah Potong Hewan di Nunang, misalnya, ungkap Chandra Setipon, masalah listrik yang masih memiliki daya rendah yakni 1.300 watt, dapat menjadi kendala terhadap kelangsungan aktifitas pemotongan hewan yang berlangsung di RPH tersebut.

“Untuk itu, Komisi B merekomendasikan agar pihak RPH membeli satu set generator, sehingga jika terjadi pemadaman listrik tidak menganggu aktifitas pemotongan hewan,” sebut Chandra Setipon.

Anggota Komisi B yang melakukan peninjauan ke RPH tersebut, tidak hanya menemukan kendala soal fasilitas listrik saja. Namun para wakil rakyat itu juga meninjau Instalasi Pengelolaan Air Limbah (IPAL) di RPH tersebut.

“Instalasi Pengelolaan Air Limbah (IPAL) di RPH Nunang ini harus diperbaharui. Soalnya, kondisi IPAL yang ada di RPH ini tidak layak lagi untuk sebuah RPH. Air limbah yang dibuang ke Batang Agam, harus tersaring dengan baik,” pinta Chandra Setipon dan diamini oleh Edwar DF, Wulan Denura, dan Hendri Wanto Dt. Mangkuto Marajo Nan Hitam.

Ketika berkunjung ke Terminal Agro (TA) di Payobasung, Komisi B mengaku prihatian dengan kondisi TA tersebut. Pasalnya, sudah 1,5 tahun Terminal Agro tersebut tidak difungsikan . Padahal, Terminal Agro tersebut telah diresmikan oleh Gubernur Sumbar pada tahun 2014 lalu.

“ Komisi B DPRD Payakumbuh merekomendasikan kepada dinas terkait, agar segera mencarikan solusi terhadap kendala yang dihadapi Terminal Agro tersebut, agar TA yang dibangun dengan dana cukup besar itu tidak terkesan mubazir,” ungkap Chandra Setipon.

Harapan yang sama juga dilontarkan anggota Komisi B DPRD Payakumbuh itu, ketika turun meninjau Pasar Ternak di Payobasung dan Pasar Rakyat di Padang Kaduduak Kelurahan Tigo Koto Diate, yang dikonsep pemko Payakumbuh sebagai pusat ekonomi baru bagi Payakumbuh.

Didua lokasi tersebut, Komisi B merekomendasikan kepada pemko atau pihak terkait, untuk memanfaatkan keberadaan Pasar Ternak dan Pasar Rakyat Padang Kaduduak itu, sebagaimana mana yang diharapkan.

“Tentunya, kita tidak ingin keberadaan Pasar Ternak dan Pasar Rakyat itu, tidak berjalan seperti yang diharapkan. Padahal, keberadaan kedua pasar itu sangat diharapkan untuk mendongkrak ekonomi daerah dan masyatakat Kota Payakumbuh,” pungkas Candra Setipon. (esa tegar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here