konsolidasi Tanah BY Pass Wako Ramlan Gelar Musyawarah

0
64

Bukittinggi,Dekade Pos.com.

Walikota Bukittinggi H.Ramlan Nurmatias bertekad persoalan Konsolida si tanah By Pass yang sudah menjadi Tukak Kronis selama 23 tahun dapat dise lesaiaknnya.Pola pendekatan langsung kepada pemilik tanah dan musawarah dilokasi tanah yang berpesoalan merupakan Penyelesaian yang paling tepat di lakukan Walikota.Karena masarakat pemilik tanah yang bermsalah juga merin dukan Walikota yang turun langsung menyelesaikannya.

Pertama kali Walikota Ramlan Nurmatias menyesaiankan persoalan Kon solidasi By Pass di Kota Bawah,Kelurahan Pulai Anak Aia,Kec.Mandiangon Koto Selayyan (MKS) ,Jalan By Pass yang selama ini menyepit.Berkat Musawarah dan penyelesaian dilapangan yang dilakukan Walikota.Akhirnya jalan By Pass yang menyempit itu sudah dapat diperlebar.

Setelah di Kota Bawah,penyelesaian dilakukan per blok,Untuk Blok Timur diKelurahan Pulai Anak Aia,Kecamatan.Mandiangin Koto Selayan.Walikota ber temu dengan pemilik tanah By Pass bermasalah pada Kamis (30/3).Pertemuan yang berlangsung diatas tanah yang bermasalah itu,terlihat hadir Kepa la BPN, Kasdim 0304 Agam, Camat MKS, Lurah Pulai Anak Air serta beberapa Pamong Senior .

Menurut Walikota Ramlan Nurmatias ,dia sengaja membawa pihak pihak terkait dalam penyelesaian tanah konsolidasi By Pass ini untuk membuktikan ,kalau Pemerinah Kota Bukittinggi bersama BPN bertekad dan serius menun taskan tanah By Pass ini dengan komitmen yang tinggi.

“Dengan pertemuan langsung kelapangan, kita bisa bertatap muka deng an warga.Kita bisa berbicara dari hati ke hati.Tidak ada dusta diantara kita yang terkait dengan persoalan tanah By Pass. Silakan inyiak-inyiak,bapak-bapak dan ibu-ibu menyampaikan uneg-unegnya kepada pemko. “ Ujar Walikota Ramlan Nurmatias.

Selain berbicara dari hati kehati,Walikota Ramlan Nurmatias datang ke lokasi tanah bermasalah juga meminta izin kepada masarakat yang tanahnya bermasalah untuk dilakukan pengukuran kembali tanah Block Timur.Setelah di ukur, maka akan dibuatkan petanya. Setelah peta disepakati antara warga ma sarakat dan Pemko, barulah Wako akan merekomendasikan penerbitan sertifi kat. Sehingga tidak ada lagi yang merasa dirugikan.

Pengukuran ulang dilakukan guna menindaklanjuti kesepakatan Pemko dengan nenek kita dari zaman dulu yang telah menyerahkan 15 persen tanah nya ,agar dibuatkan jalan lingkung.Dan Pemko berniat untuk membuatkan jalan lingkung tersebut,ujar Ramlan Nurmatias.

Dijelaskan,beberapa tumpak tanah By Pass ini sudah dapat diselesaikan. Seperti tanah yang dibuat jalan di Aur Kuning. Pemko juga ingin menuntaskan tanah di belakang Fakultas Hukum UMSB. Khusus tanah By Pass di Pulai Anak Aia akan diukur ulang ,terutama di Blok Timur,sebab Ada 38 orang ikut konso lidasi dan 8 orang sudah terima sertifikat.dan tersisa 30 orang lagi.ungkap Ram lan Nurmatas menambahkan ,Tanah yang akan diperuntukkan untuk jalan ling kung, akan mengalami pergeseran.agar pergeseran itu tidak menimbulkan ma salah,makanya ,rapat-rapat dilaksanakan dilapangan. Sehingga jelas pokok ma salah dan jelas pula penyelesaiannya.

Kemudian,atas nama Pemerintah Kota Bukittinggi,Walikota Ramlan Nur matias juga mengucapkan rasa terima kasih ,sekaligus meminta maaf jika pela yanan selama ini masih kurang prima.Dan yang pasti dalam penyelesaian ta nah By Pass ini perlu kejujuran dan keikhlasan. “Jalan By Pass memang masih banyak meninggalkan persoalan.Tetapi Pemerintah kota juga tidak berniat untuk merugikan masarakat”.tegas Ramlan Nurmatias.

Kita ingin “bajaleh-jaleh’ dengan masarakat soal tanah By Pass. Kita akan tuntaskan semuanya. Tanah ini diukur dulu, lalu dikeluarkan gambarnya. Sete lah itu, minta persetujuan masarakat. Kita “baiyo-iyo” untuk kepentingan ma sarakat. Kita mau keterbukaan dan tak ada yang dirugikan. Tidak akan ada ma sarakat yang ditakut-takuti. Saya jamin itu. ujar Ramlan menegaskan lagi Tidak akan ada permainan. Jika ada staf pemko yang bermain, segera laporkan. Dan saya akan menindak secara tegas,Janjinya.(aldo)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here