KSU Teratai Putih Kalimantan Selatan “ Berguru” ke KSU Iwapi Payakumbuh

0
146
Ketua Koperasi Serba Usaha (KSU) Iwapi Kota Payakumbuh, Erilia Bonita (Kanan) saat mendampingi Zaitun Ardiyansyah, Ketua Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Kalimantan Selatan melihat produk/hasil kerajinan Payakumbuh. juga ikut hadir, Ketua IKD Kota Payakumbuh, Efrialdi Parmato Alam (Kanan)

Payakumbuh, Dekadepos.com

Dinilai Sukses membina puluhan anggota yang tergabung dalam Koperasi Serba Usaha (KSU) Iwapi Kota Payakumbuh, KSU yang kini dipimpin oleh Erilia Bonita kembali mendapatkan kunjungan dari Koperasi lainnya di Indonesia. Kunjungan terbaru, datang dari Koperasi Teratai Putih Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Kalimantan Selatan, pada Jumat (13/10). Kunjungan tersebut langsung dipimpin Zaitun Ardiyansyah, Ketua Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Kalimantan Selatan. Kedatangan rombongan yang berjumlah puluhan orang tersebut bertujuan untuk meningkatkan wawasan tentang perkoperasian wanita.

“Kami menilai bahwa Koperasi IWAPI Payakumbuh memiliki kelebihan, selain memiliki usaha simpan pinjam, juga mengkoordinir PKL wanita. Informasi ini tentunya juga kami dapatkan dari IWAPI Pusat dan kami pun memutuskan untuk berkunjung ke sini,” kata Zaitun Ardiyansyah didampingi Sekretaris GOW Wahida dan Bendahara Martina yang juga menjabat sebagai Ketua Koperasi Teratai Putih saat berkunjung ke Kantor IWAPI Kota Payakumbuh di Pasar Bertingkat Lantai II Pasar Payakumbuh (Ex. Pasar Penampungan).

Ia berharap kunjungan ini dapat memberikan pemahaman kepada Koperasi Teratai Putih tentang cara mengkoordinir koperasi. Sehingga nantinya apa yang positif selama kunjungan dapat diterapkan dalam mengelola Koperasi. “Selain silaturahim kami juga ingin berbagi informasi terkait pengelolaan koperasi. Kemudian terimakasih kepada Koperasi IWAPI Payakumbuh yang telah menyambut baik kunjungan kami ini,” sebut Zaitun Ardiyansyah yang juga istri dari Wakil Bupati Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Kalimantan Selatan.

Zaitun juga menambahkan, KSU IWAPI Payakumbuh dinilai telah memberikan dampak positif tidak hanya kepada anggota IWAPI, tapi juga kepada Pedagang Kaki Lima (PKL) wanita di Kota Payakumbuh.

Sementara itu, Ketua Koperasi Serba Usaha (KSU) Iwapi Kota Payakumbuh, Erilia Bonita yang juga Putri dari Mantan Walikota Payakumbuh dua periode, Joserizal Zain, mengatakan bahwa hingga saat ini anggota IWAPI Payakumbuh berjumlah 80 anggota. Namun untuk anggota koperasi, anggotanya mencapai sekitar 300 anggota yang melibatkan PKL perempuan atau pengusaha kecil perempuan yang ada di Payakumbuh. “Di sini (Koperasi IWAPI Payakumbuh) kami memberikan bantuan modal. Bantuan di sini kami memakai sistem kepercayaan atau tidak pernah pakai agunan,” kata Bonita yang juga Wakil Ketua IWAPI Bidang Sekretariat.

Ia menjelaskan koperasi yang diketuainya ini banyak memberikan manfaat kepada anggotanya. Tidak hanya bagi anggota IWAPI, anggota koperasi ini juga berasal dari wanita pengusaha kecil dan PKL wanita yang ingin bergabung dengan Koperasi IWAPI Payakumbuh. “Keuntungan bagi anggota koperasi  yaitu promosi produk yang tiap tahun kami bawa keluar kota dimana produk ini merupakan hasil dari anggota koperasi. Sehingga koperasi juga sebagai wadah promosi bagi anggota untuk memasarkan produknya,” Tambahnya. (Est)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here