Kube Sinar Rezeki Dinilai Tim Propinsi

0
64

Bukittinggi,Dekadepos.Com.

Kelompok Usaha Bersama (Kube) Sinar Rezeki beserta Tim Pendamping Kube Kelurahan Campago Guguak Bulek Kecamatan MKS dinilai tim Propinsi dalam ajang lomba Kube dan pendamping Kube berprestasi tingkat provinsi Sumatera Barat, pada Senin (22/05) di sekretariat Kube Sinar Rezeki.

Mewakili Walikota Bukittinggi, Asisten II, Ismail Johar pada kesempatan itu  mengatakan tahun 2014, 20 Kube mendapat batuan dari Kemensos, yaitu 10 Kube di Kecamatan Mandiangin Koto Selaya (MKS) dan 10 Kube di Kecama tan Aua Birugo Tigo Baleh (ABTB) . 2 tahun yang lalu salah satu Kube di Kecamatan ABTB telah menjadi terbaik Nasional. Untuk itu kita berharap tahun ini Kube Sinar Rezeki juga dapat menjadi teladan nasional.ujar Ismail.

Dikatakan,bantuan yang telah diterima Kube masing-masing sebesar 20 juta. Pemko sangat berterima kasih atas bantuan dan perhatian dari Propinsi dan Kementerian. Itulah yang sedang dikembangkan saat ini. Namun tetap per lu kebersamaan dalam mengembangkannya. Kalau tidak kita-kita yang membe li hasil usaha kube kita,siapa lagi.Disamping itu juga dibutuhkan  ketangguhan pendampingnya.Dan kepada  Pendamping diharapkan mampu membawa per ubahan bagi anggota dan mampu menjalin kerjasama.ungkap Ismail.

Menurut Ismail, Kube sinar rezeki dinilai telah bagus administrasinya. Mempunyai inovasi dan prospek usaha yang cerah. Termasuk juga telah memi liki koperasi. Kube sinar rezeki berjenis usaha konveksi. Kota Bukittinggi lewat Kube Sinar Rezeki sudah siap untuk mewakili sumbar ke tingkat nasional.Dan Pemko berharap wakil Bukittinggi ini dapat berbicara ditingkat nasional dan membawa nama baik Bukittinggi dan Sumatra Barat. Terakahir lanjut Ismail, Penilaian bukan akhir dari tujuan,namun jalan untuk mengembangkan diri kedepan.tambahnya.

Heni Yunida Ketua Tim Penilai Propinsi mengatakan program penanggu langan kemiskinan dilaksanakan secara terpadu dan terarah ,salah satunya le wat Kube. Kube merupakan wujud Kesetiakawanan sosial dalam usaha bersa ma. Untuk memberikan reward dilaksanakan penilaian kepada Kube dan Pen dampingnya.

Menurut Heni, Kube berhasil karena ada kerjasama antara pengurus de ngan pendamping dan dengan Pemko Bukittinggi. Dari 19 Kab/ Kota di Sumbar terpilih lima daerah terbaik. Salah satunya Kube sinar rezeki dengan posisi ma sih yang teratas. Bisa saja berubah sangat tergantung dari kunjungan lapangan hari ini. Setelah dinilai diharapkan ada keberlanjutan dan pertumbuhan serta pengembangan dan nantinya menjadi Kube mandiri dan bisa menjadi pilot proyek.ujar Heni Yunida.

Penilaian pertama ,lanjut Heni telah dilakukan 15-17 Mei lalu di hotel Ali ga penilaian ekspose dan wawancara. Hari ini kunjungan lapangan. Heni meng harapkan apa yang diekspose memang terbukti dilapangan. Heni pun berharap di 2017 Sumbar dapat berprestasi ditingkag Nasional lewat Kube sinar rezeki.  Berkaitan dengan tim penilai, selain ia sebagai Ketua Tim yang juga Kabid Pena nganan fakir miskin masih ada Ir. Desrianti dari dinas perternakanan, Yudi dhar  ma putra dari perindag dan perindustrian, Jon Nova Kasi penahanan fakir mis kin pedesaan dan Dra. Rosmasiti Kasi fakir miskin perkotaan.

Sementara Mailinda pendamping Kube Sinar Rezeki dalam eksposenya mengatakan ia merupakan pendamping kecamatan MKS dan mendampingi 10 kube. Salah satunya Kube Sinar Rezeki. Kube Sinar Rezeki berdiri 2014 dengan anggota awal 10 orang dengan bantuan dana Rp.20 juta.

Awalnya digunakan untuk usaha membuat anak jilbab. Pendamping Ku be, akui Mailinda mempunyai beberapa fungsi. Fungsi fungsional bagaimana pembelian bahan, dimana bagaimana penjualan. Kerjasama dan koordinasi bukan hanya membina tapi juga mencarikan kerjasama dengan pihak lain agar Kube mampu berkembang. Salah satunya dengan mendorong Kube untuk membuka link dengan pihak lain

Dari apa yang telah dilakukannya, Mailinda mengungkapkan yang per tama dilakukan adalah mendampingi dan mendorong belajar aksara bagi anggo ta. Lalu setelah mendapatkan bantuan lima buah mesin jahit dari Perindagkop. Kerjasama telah dijalin dengan Dekranasda kerjasama lewat pelatihan mende sain dan pemasaran. Termasuk juga merangkul pemuka masyarakat.

Cukup banyak bantuan yang didapai, seperti salah satu LPM adalah man tan anggota Kadin yang juga menularkan ilmu nya. Juga telah terjalin usaha de ngan Kube Maju Bersama untuk ikut meletakkan barang dan membuat MoU untuk menjual hasil produk.

Selain untuk menjalankan usaha kube, sisa dana bantuan kementrian dipergunakan untuk dana prakoperasi bagi anggota. Walaupun demikian Mai linda mengaku masih belum puas dengan apa yang telah dilakukan. Dengan bantuan 30 juta dari kementrian direncanakan melebarkan usaha selain mem buat bedcover juga melangkah kepada pembuatan set penganten dengan har ga dibawah pengusaha yang lain.

Dari tahun 2014 dari dana 20 juta yang dikucurkan telah berkembang menjadi 60 juta rupiah. Berikutnya akan dilakukan promosi online lewat media sosial dan membuat blog khusus Kube sinar rezeki.tambah Mailinda. (Aldo)

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here